Soal Polemik Kepengurusan DPC Surabaya, PDIP Jatim: Kita Selesaikan Sebaik-baiknya

Konfercab PDIP serentak di Empire Palace Surabaya, Minggu (7/7/2019)

SURABAYA – Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari Bisowarno mengatakan, seharusnya setiap permasalahan, seperti adanya polemik sejumlah PAC di Surabaya yang menolak keputusan DPP PDIP terkait penunjukan ketua, sekretaris dan bendahara (KSB) DPC periode 2019-2024 pada konfercab PDIP serentak Minggu lalu, diselesaikan secara internal dan musyawarah.

Sebab, kata Untari, PDI Perjuangan mempunyai mekanisme dan wadah untuk menyelesaikan setiap permasalahan sehingga tidak bertindak sendiri-sendiri.

“Semestinya segala sesuatu di internal kami ini diselesaikan di internal secara musyawarah. Partai ini kan punya mekanisme, punya wadah untuk menyelesaikan masalah-masalah itu. Jadi memang seharusnya tidak perlu kemudian bertindak sendiri-sendiri. Tapi semua bisa dalam kendali kepartaian,” kata Untari kepada wartawan, Jumat (12/7/2019).

Baca juga: Minggu, PDIP Jatim Undang PAC se-Surabaya

Perempuan yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Jatim ini menambahkan, dalam setiap keputusan yang diambil DPP telah melalui proses kajian dan pertimbangan dari Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri.

Untuk itu, dia mengimbau seluruh kader agar tenang dan mengikuti instruksi partai. Apalagi Surabaya sebagai salah satu kota besar mempunyai prioritas langsung dari ketua umum dan DPP Partai.

“Seluruh proses yang ada dalam DPP partai itu telah dikaji, dipertimbangkan matang-matang oleh ibu ketua umum. Surabaya itu adalah kota besar. Maka yang langsung mengambil keputusan adalah DPP, pleno DPP dan ibu ketua umum,” terang Untari.

“Dan DPD sudah menyampaikan dalam rapat itu. Khusus Surabaya adalah kawasan ketua umum. Sehingga surat rekomendasi itu betul bahkan rekomendasi ada tanda tangan basah dari ketua umum. Maka sebaiknya seluruh kader tenang. Mengikuti instruksi seluruh partai dengan baik,” tambahnya.

“Maka seluruh jajaran partai di Surabaya kami mohon untuk bisa memahami ini dengan baik dan tenang. Tidak perlu saling berkomentar di media. Kita selesaikan dengan sebaik-baiknya,” ujar Untari.

Dalam konfercab PDIP zona 1 yang digelar serentak di Empire Palace Surabaya, Minggu (7/7/2019) lalu, DPP PDI Perjuangan telah menunjuk Adi Sutarwijono untuk menjadi ketua DPC PDIP Kota Surabaya, meneruskan kiprah Whisnu Sakti yang telah menjadi ketua selama dua periode.

Untuk memimpin DPC PDIP Surabaya periode 2019-2014, Adi Sutarwijono didampingi Sekretaris Baktiono dan Bendahara Taru Sasmito. Namun, saat itu kalangan PAC belum menerima keputusan DPP, sehingga pimpinan Konfercab, yakni Ketua DPP PDIP Nusyirwan Soejono men-skors sidang. (goek)