Soal Cawapres, Hasto: Semua Parpol Pendukung Jokowi Sudah Sepakat

JAKARTA – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, semua ketua umum partai politik (parpol) pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah sepakat soal cawapres pendamping Jokowi di Pilpres 2019.

“Kita sudah sangat solid dan kemudian semua ketum sudah melakukan profiling bersama Pak Jokowi dan menyerahkan kepada Jokowi pada momentum yang tepat disampaikan kepada masyarakat,” jelas Hasto Kristiyanto, di Resto Batik Kuring, SCBD, Jaksel, Sabtu (28/7/2018).

Hasto menyebutkan, pengumuman cawapres pendamping Jokowi ini bakal dilakukan pada bulan Agustus 2018. “Antara tanggal 8 atau tanggal 10 (Agustus). Tanggal 8 itu Rabu, Jumat itu 10,” ungkapnya.

Menurut Hasto, Jokowi akan memilih di antara kedua tanggal itu. Selain berkaitan dengan penanggalan Jawa, pengumuman cawapres itu juga beriringan dengan kalkulasi politik yang matang.

“Tinggal nanti yang dipilih antara hari Rabu tanggal 8 dan tanggal 10 hari Jumat. Jumat pahing kalau orang Jawa. Kalkulasi politiknya tentu harus dilakukan dengan baik,” urainya.

Sebelumnya, saat di Gunung Kidul, Yogyakarta, Hasto mengatakan, soal cawapres ini, pihaknya yakin, sosoknya merupakan orang yang tepat.

“Kita percaya, Pak Jokowi akan didampingi sosok yang tepat, punya jiwa kerakyatan, ideologis yang menjadi satu kesatuan kepemimpinan dengan Jokowi, sehingga di Republik ini akan lahir kesatupaduan kepemimpinan antara Jokowi dan calon wakil presiden yang akan segera diumumkan dalam momentum yang tepat,” ujar Hasto. (goek)