Soal Blok Gas Masela, PDI Perjuangan Puji Keputusan Jokowi

pdip-jatim-sekjen-hasto-kJAKARTA – PDI Perjuangan menilai keputusan Presiden Joko Widodo membangun blok Masela di darat sangat tepat. Demikian disampaikan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di sela-sela peluncuran buku ‘Menangis & Tertawa Bersama Rakyat’ di Gedung ANRI, Jakarta, Rabu (23/3/2016) malam.

“Kami memberikan dukungan kepada presiden. Dengan disiplin ilmu saya selama 11 tahun, keputusan itu sangat tepat,” kata Hasto.

Hasto mengatakan bergelut selama 11 tahun di bidang rekayasa industri seperti desain pabrik pupuk serta melihat aspek risiko pembiayaan. Ia menilai pembangunan Blok Masela lebih menguntungkan di darat. “Kemanfaatannya dengan rakyat lebih tinggi dibanding laut,” ujar Hasto.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa pembangunan blok Masela dibangun di darat atau off shore.

“Dari kalkulasi, dari perhitungan, dari pertimbangan-pertimbangan yang sudah saya hitung, kami putuskan dibangun di darat,” ujar Presiden di Ruang Tunggu Keberangkatan Bandar Udara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (23/3/2016).

Presiden Jokowi menjelaskan pertimbangan dari keputusan membangun kilang Blok Masela di darat karena Pemerintah menginginkan Blok Masela juga bisa memberikan nilai positif bagi masyarakat sekitar.

“Kami ingin ekonomi daerah juga ekonomi nasional, itu terimbas dari adanya pembangunan Blok Masela,” kata Presiden.

“Kedua, juga pembangunan wilayah regional development juga kita ingin agar juga terkena dampak dari pembangunan besar, Proyek Masela ini,” kata Presiden menambahkan.

Presiden Jokowi mengatakan dirinya telah meminta kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dan SKK Migas untuk menindaklanjuti keputusan yang telah diambil tersebut.

“Setelah keputusan ini, nanti akan ditindaklanjuti oleh menteri ESDM dan SKK migas. Itu yang bisa saya sampaikan siang ini,” ucap Presiden. (tribunnews)