oleh

Sidak Lapas Mojokerto, Setia Puji Lestari Temukan Ini

MOJOKERTO – Di sela waktu senggang, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Setia Puji Lestari melakukan sidak di lapas kelas II B Mojokerto.

Pada sidaknya kali ini Puji sapaan akrabnya menemukan bahwa lapas satu-satunya yang berada di wilayah Mojokerto ini sudah over kapasitas

“Disitu seharusnya diisi 350 sampai 400, tetapi diisi sampai 864 tahanan dan ini harus menjadi pemikiran kita bersama bagaimana untuk membangun atau membuat rutan yang baru sehingga walaupun mereka tahanan tetap mendapatkan fasilitas yang memadai,” terang Puji, Kamis (4/3/2021)

Politisi senior PDI Perjuangan Kabupaten Mojokerto ini menerangkan sedang mencari solusi terbaik, sebab lapas Mojokerto yang over kapasitas ini terlebih saat ini pandemi Covid-19 yang tak kunjung selesai akan sangat berbahaya bagi penghuni lapas.

“Saya ingin mencari solusi yang terbaik karena apalagi di musim pandemi ini mereka harus mendapatkan protokol Kesehatan yang baik karena setelah saya sidak tadi untuk tenaga medis yang tersedia hanya ada perawat tidak ada dokter,” terangnya

Menanggapi hal ini, ia meminta agar pemerintah kabupaten dan Kota Mojokerto untuk saling berkoordinasi untuk mencari solusi terbaik salah satunya adalah dengan melakukan vaksinasi untuk tahanan yang ada di lapas tersebut.

“Sehingga bisa benar-benar bisa memfasilitasi lapas harus ada vaksin, 3 M kan harus tetap terjaga jadi solusinya ya vaksin harus diutamakan, mereka keluar gak bisa mau menjaga jarak dengan keadaan terbatas seperti itu , pemerintah harus memberikan vaksin pada tahanan tersebut,”pintanya.

Puji juga menegaskan, selain segera melakukan vaksin kedepan pembuatan rutan baru dengan kapasitas yang lebih besar sangat diperlukan di wilayah Mojokerto. 

“Bagaimanapun pelayanan harus tetap diberikan karena kita sama-sama manusia, Kesehatan juga harus tetap terjaga dan paling tidak ada perhatian khusus dari pemerintah terutama di musim pandemi ini dinas kesehatan juga harus berkoordinasi, karena satu saja terkena dampaknya akan sangat luar biasa,” tutupnya. (rul)