Sidak GBT, Armuji: Ada 3 Lokasi Bisa Dijadikan Lahan Parkir

SURABAYA – Keluhan manajemen Persebaya soal akses jalan dan parkir di Gelora Bung Tomo (GBT) menjadi perhatian Ketua DPRD Surabaya Armuji.

Legislator yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini, pada Rabu (3/1/2018) kemarin melakukan sidak ke GBT, bersama beberapa anggota dewan, manajemen Persebaya, dan Dispora Kota Surabaya.

Menurut Armuji, setidaknya ada tiga lokasi yang bisa dijadikan lahan parkir di GBT bagi penonton laga Persebaya.

“Ada minimal tiga titik lokasi parkir baru yang nantinya digunakan untuk penonton,” kata Armuji.

Dia menambahkan, lokasi parkir dekat GBT tersebut cukup representatif untuk mengganti sirkuit drag race yang diinginkan jadi tempat parkir.

Di titik baru tersebut nanti pihak manajemen Persebaya dan Dispora bisa koordinasi agar pertandingan Liga 1 yang diagendakan Februari bisa dilaksanakan.

“Di titik baru tersebut masih ada bangunan, pohon dan alang-alang yang bisa langsung dirobohkan dan dibersihkan,” ujarnya.

Titik parkir baru tersebut berada di sisi selatan GBT. Lahan kosong itu berada di utara pintu masuk kawasan drag race, dan beberapa lahannya masih ditumbuhi pohon dan alang-alang yang cukup tinggi.

Armuji menegaskan dalam waktu seminggu pembersihan di titik parkir baru itu bisa dilakukan, sehingga masalah parkir yang memludak di luar stadion bisa diatasi. “Pokoknya harus koordinasi dulu,” kata dia.

Sedang Ketua Komisi C DPRD Surabaya Syaifuddin Zuhri yang juga ikut sidak minta ada koordinasi antara Polrestabes Surabaya, Korem, manajemen Persebaya dan pihak terkait sebelum pelaksanaan pertandingan untuk solusi parkir.

Setelah ada lokasi titik parkir baru, jelas politisi PDI Perjuangan ini, maka harus ada yang mengatur di luar kawasan GBT untuk menunjukkan lokasi parkir yang ada. “Jangan malah dihentikan saat masih jauh padahal parkir di dalam mencukupi,” ujarnya.

Sementara, Manager Operasional PT Persebaya Wahyu Mariaji mengatakan, sebelumnya titik baru parkir tersebut ditutupi alang-alang.

Jika sudah ada keputusan untuk penggunaan lokasi tersebut pihaknya akan menggunakannya dengan baik. “Jika parkirnya memadai kita siap jadi tuan rumah Liga 1 dan rencana Piala Presiden 2018,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya segera berkoordinasi dengan Dispora untuk penggunaan akses parkir tersebut. “Kami juga berharap Pemkot dan DPRD memperhatikan akses jalan juga,” harap Wahyu. (goek)