Siapkan Trenggalek sebagai Destinasi Wisata Nasional

pdip-jatim-emil-dardakTRENGGALEK – Bupati terpilih, Emil Elestianto Dardak menyiapkan program terencana, pasca pelantikannya dirinya selaku Bupati Trenggalek. Salah satu program yang dilaksanakan bersama wakil bupati terpilih, Mochammad Nur Arifin, adalah pembangunan wisata daerah.

“Program percepatan yang pertama, adalah penyiapan Trenggalek sebagai destinasi wisata nasional. Sederhananya, jika wisata daerah mulai menggeliat, maka secara perlahan aktivitas warga pun ikut menggeliat,” kata Emil Elestianto Dardak, Minggu (7/2/2016).

Sebagai langkah awal, Emil berharap adanya pemetaan wilayah kawasan wisata daerah, termasuk beberapa pilihan obyek wisata pantai yang tersebar di wilayah selatan Trenggalek. Ditinjau dari kesiapan fisik dan infrastruktur yang ada, menurut Emil, pantai Prigi adalah sasaran utama pengembangan awal.

“Infrastruktur yang melingkupi wilayah Prigi akan segera dibangun, khususnya dalam mengoptimalkan potensi wisata dan budaya di wilayah tersebut,” papar bupati terpilih yang diusung PDI Perjuangan dan 6 partai politik lainnya pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu ini.

Infrastruktur non-fisik yang disiapkan Emil, nantinya akan ada event Prigi Fest digabung dengan tari tradisional Trenggalek, yakni Jaranan. Melalui Prigi Fest, Emil berharap aktivitas kegiatan budaya masyarakat di wilayah pesisir selatan bisa terekspose di dunia wisata nasional maupun Internasional.

“Dalam kegiatan budaya tersebut, diharapkan juga keterlibatan anak-anak muda. Sehingga bisa turut mengembangkan sumber daya manusia setempat, khususnya kecintaan anak muda terhadap budaya lokal,” ujar suami artis Arumi Bachsin tersebut.

Yang terakhir, jelas Emil, adalah dukungan Pemerintah Kabupaten Trenggalek terhadap tumbuhnya berbagai industri kreatif yang berada di pesisir selatan maupun wilayah perkotaan. Beberapa sektor industri kreatif yang bisa dikembangkan menurut emil antara lain panganan unggulan lokal, kerajinan berbasis marmer dan kayu, industri kuliner, dan penciptaan sektor baru di industri kreatif.

“Kemajuan teknologi perdagangan online bisa mendorong beberapa sektor industri kreatif itu berkembang. Ke depan Pemkab Trenggalek memberikan pendampingan dan pelatihan secara efektif khususnya terkait perdagangan online,” ucapnya. (ven)