Siaga Bencana, DPC se-Jatim Segera Bentuk Baguna

pdip-jatim-sri-untari-rakor-baguna-jatimSURABAYA – Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) secepatnya dibentuk di seluruh kabupaten/kota se-Jatim. Pembentukan Baguna ini untuk mengantisipasi terjadinya berbagai bencana, baik bencana alam maupun bencana kemanusiaan.

“Setelah ini, Baguna harus sudah terbentuk di semua DPC PDI Perjuangan se-Jawa Timur,” kata Sri Untari, di acara rapat koordinasi (rakor) Baguna Jatim, di aula DPD PDI Perjuangan Jatim, Jumat (29/1/2016) sore.

Menurut Untari, pembentukan Baguna di daerah ini merupakan instruksi Partai hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di Jakarta, beberapa waktu lalu. Struktur organisasi Baguna, sebut Untari, tidak hanya sampai tingkat provinsi, tapi juga harus sampai ke kabupaten/kota.

Pembentukan Baguna, lanjut dia, karena Indonesia, termasuk Jawa Timur, masuk daerah rawan bencana. Tidak hanya bencana alam, tapi juga bencana kemanusiaan. (Foto-foto rakor, klik: Portal Berita PDIP Jatim)

“Karena itu, ke depan secepatnya kita bentuk badan ini sampai tingkat cabang (DPC). Kami ingin setelah rakor ini, pengurus cabang membentuk Baguna,” ujarnya.

Perempuan yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur ini menambahkan, sebagai partai pemerintah, PDI Perjuangan harus lebih bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Alat yang bisa bersentuhan langsung dengan rakyat, sebut Untari, salah satunya Baguna.

Selama ini, urai Untari, Baguna sudah kerap beraktivitas sosial dengan menggelar pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis. Juga membantu korban bencana langsung di daerah bencana.

“Baguna Jatim beberapa hari lalu juga ikut memperkuat Tim Baguna ke Kalimantan Tengah,” ucap Untari.

Rakor Baguna Jatim dihadiri Ketua Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana DPP PDI Perjuangan, dr Ribka Tjptaning. Juga hadi Ketua Baguna Pusat, Hj Sadarestuwati. (goek)