Setelah 3 Hari Digembleng, Kader Baguna Siap Tangani Bencana

pdip jatim - tim baguna jatimJAKARTA – Kegiatan Pelatihan Kebencanaan Baguna se-Indonesia di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur berakhir Jumat (9/1/2015) hari ini. Pelepasan 173 kader Baguna (Badan Penanggulangan Bencana) peserta pelatihan akan dilakukan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada Sabtu (10/1/2015) besok.

“Hari ini selesai, dan kami akan kembali ke Jawa Timur setelah upacara peringatan HUT ke-42 PDI Perjuangan Sabtu besok,” kata dr Bayu Utoro, koordinator tim Baguna Jawa Timur.

Setelah pembukaan pelatihan oleh Plt Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto pada Rabu (7/1/2015) lalu, peserta pelatihan langsung digembleng terkait penanganan kebencanaan. Juga materi internal kebagunaan dan kepartaian. “Kami dilatih bagaimanana melakukan evakuasi, SAR darat, evakuasi air, P3K, pendirian tenda, dan soal dapur umum,” jelas Bayu.

Sementara, Hasto Kristiyanto menjelaskan, Baguna PDI Perjuangan telah berdiri sejak 2009. Kali ini, keberadaan dan fungsinya lebih dimatangkan mengingat banyaknya daerah di Indonesia masuk wilayah rawan terjadi bencana.

“Anggota Baguna dilatih khusus, sehingga mereka punya kemampuan dalam mitigasi bencana. Besok Baguna akan dilepas ke daerahnya masing-masing dan siap untuk diterjunkan ke seluruh pelosok negeri untuk menangani bencana,” kata Hasto. (pri)