oleh

Seskab: Selamat Hari Ibu, Berkat Ibu, Bangsa Ini Jadi Kuat dan Besar

JAKARTA – Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyampaikan ucapan selamat Hari Ibu kepada ibu-ibu dan perempuan Indonesia. Pramono mengatakan, peringatan Hari Ibu menekankan semangat kepada semua perempuan yang berdaya dari Indonesia maju. 

“Secara khusus saya ingin menyampaikan selamat Hari Ibu bagi perempuan yang berdaya dari Indonesia maju. Itulah temanya,” ujar Pramono dikutip dari tayangan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/2/2020). 

“Ibu kami berterima kasih dan berkat ibu bangsa ini menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar,” lanjut Pramono. 

Menurut Pramono, sosok ibu merupakan sumber energi bagi setiap individu. Sejak kecil ibu mendidik anak-anaknya menjadi manusia yang lebih baik. 

Sementara itu, di masa pandemi, ibu dituntut berperan ganda yakni menjalankan tugas rumah tangga sekaligus menjadi guru bagi anak-anaknya. 

“Karena anak-anak harus belajar di rumah. Karena nyawa ibulah yang membuat kita menjadi kuat. Selamat hari ibu, kasih ibu ada sepanjang masa,” tambah Pramono. 

Sebagaimana diketahui, 22 Desember 2020 merupakan peringatan Hari Ibu di Indonesia. Momen Hari Ibu 22 Desember selalu diperingati setiap tahun. 

Dilansir dari pemberitaan Kompas.com, Sejarah peringatan Hari Ibu bermula dari penyelenggaraan Kongres Perempuan Indonesia III pada 22-27 Juli 1938 di Bandung. Salah satu hasil dari kongres tersebut adalah peringatan Hari Ibu pada setiap 22 Desember. 

Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan diselenggarakannya Kongres Perempuan I pada 22 Desember 1928. 

Kongres Perempuan yang dilaksanakan pada 22 Desember 1928 ini dilatarbelakangi oleh kesamaan pandangan untuk mengubah nasib perempuan di Indonesia. 

Kala itu, organisasi perempuan dari Sumatera dan Jawa berkumpul untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan menyatukan gagasannya di Dalem Jayadipuran, Yogyakarta. (kompas)

rekening gotong royong