Serentak, Konfercab PDIP se-Jatim Berlangsung di 3 Titik

SURABAYA – Ribuan pengurus PDI Perjuangan mengikuti konfercab serentak di Empire Palace, Surabaya, Minggu (7/7/2019). Konfercab serentak untuk DPC-DPC Surabaya dan sekitarnya ini dibuka oleh Ketua DPP PDIP Nusjirwan Sujono.

Konfercab serentak di Surabaya ini diikuti jajaran pengurus mulai PAC hingga DPC dari 14 kabupaten/kota. Yakni dari Kota Surabaya, Kab Sidoarjo, Kab Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Kab Probolinggo, Kab Tuban, Kab Bojonegoro, Kab Lamongan, Kab Gresik, Kab Bangkalan, Kab Sampang, Kab Pamekasan, dan Kab Sumenep.

Pada saat yang sama, juga digelar konfercab serentak di Kota Malang, dan Kota Madiun.

Konfercab serentak di Kota Malang diikuti peserta dari Kab Banyuwangi, Kab Situbondo, Kab Bondowoso, Kab Jember, Kab Lumajang, Kab Malang, Kota Malang, Kota Batu, Kab Blitar, Kota Blitar, Kab Tulungagung, Kab Kediri, dan Kota Kediri.

Sedang konfercab serentak di Kota Madiun diikuti jajaran pengurus dari Kab Trenggalek, Kab Pacitan, Kab Ponorogo, Magetan,Kab Ngawi, Kab Madiun, Kota Madiun, Kab Nganjuk, Kab Jombang, Kab Mojokerto, dan Kota Mojokerto.

Dalam sambutannya, Nusjirwan mengapresiasi hasil PDIP Jatim yang mampu membuat sejarah, dengan memenangkan Pileg, sekaligus Pilpres 2019.

Sehingga, di periode 2019-2024, PDIP Jatim bakal memimpin DPRD Jatim karena meraih kursi terbanyak, yakni 27 kursi Sementara, PKB yang sebelumnya mendominasi kursi DPRD Jatim, dalam Pemilu 2019 hanya memperoleh 25 kursi.

“Selamat kepada PDIP Jatim yang setelah bertahun-tahun, akhirnya bisa memenangkan pileg, sekaligus pilpres,” kata Nursjiwan.

Agenda utama dalam Konfercab kali ini adalah restrukturisasi DPC jelang Kongres V PDI Perjuangan bulan Agustus nanti di Bali.

Selain itu, Nusyirwan mengatakan dalam Konfercab ini dilakukan konsolidasi dan evaluasi terkait kinerja struktur partai selama lima tahun dan hasil Pemilu 2019.

“Ada evaluasi terhadap kinerja partai di masing-masing cabang apakah itu dari perolehan suara atau juga kerja partai di pemilu. Itu menyeluruh mulai dari kemampuan mengorganisir, lalu mengelola partai, dan sebagainya,” jelas Nusyirwan.

Setelah Konfercab selesai, PDIP Jatim akan menyelenggarakan Konferda pada tanggal 27 Juli 2019.

Pengurus-pengurus yang baru nanti akan menjadi utusan masing-masing cabang dan daerah dalam Kongres.

“Kongres ini memang dipercepat dari yang seharusnya 2020 menjadi 2019. Harapannya setelah pelantikan DPR RI, pelantikan presiden, dan pembentukan kabinet, PDIP sudah terkonsolidasi,” tuturnya. (goek)