Serahkan Bantuan untuk Anak Stunting dan ABH, Ini Pesan Wabup Nganjuk

NGANJUK – Wakil Bupati Nganjuk Dr Drs Marhaen Djumadi, SE, SH, MH, MBA menyerahkan bantuan kepada 50 anak stunting (Masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama) dan 34 anak Anak Berhadapan Hukum (ABH).

Pemberian bantuan non tunai tersebut dilakukan dalam kegiatan Temu Penguatan Anak dan Keluarga (Tepak), kemarin.

Dalam sambutannya Marhaen mengatakan, setiap anak kecil itu murni kecedasannya ada 1 triliun sel-sel kecerdasan yang ada dalam otaknya. Terdiri dari 100 miliar sel kecerdasan dan 900 miliar sel pendukung. Karena, orang tua pantang hukumnya untuk mengatakan bahwa anaknya bodoh, dan seterusnya.

Selain cerdas, kata Marhaen, anak kecil itu unik. “Kelemahan orang tua selalu membandingkan anak-anaknya, selalu menyayangi anaknya yang pintar dalam pelajaran. Padahal  banyak orang-orang  yang sukses dari orang-orang yang tidak pintar,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Marhaen, bagi yang punya putra-putri cerdas, betul-betul selalu digali kelebihannya. Menurutnya, hal ini penting sekali.

“Jangan lihat sekarang, lihatlah nanti. Kalau misalnya memandangi anak sedang tidur, kalian usap  dan berkata, semoga nak, kamu jadi anak yang berguna bagi keluarga, nusa bangsa dan agama. Insya Allahmenjadi kamu nanti menjadi pemimpin-pemimpin indonesia ini,” kata Marhaen, kepada para orang tua penerima bantuan.

Politisi PDI Perjuangan ini juga berpesan, yang perlu diperhatikan adalah melihat perkembangan anak. Anak usia 0 sampai 7 tahun itu namanya usia menyerap informasi.

“Anak mulai dengan 7 tahun, apa yang dikatakan orang tua, apa yang dikatan tetangga, saudaranya, itu direkam sampai dia meninggal,” paparnya.

Kesalahan orang tua, sebut Marhaen, pola pikir anak disamakan dengan pola pikir orang tua. “Harus dihilangkan bahasa-bahasa melarang, tidak boleh, jangan, awas. Hilangkan, jika nanti sudah besar dian akan menjadi anak yang tidak percaya diri,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nganjuk M. Yasin merasa bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini. “Alhamdulillah, pada pagi hari ini kita bisa bertemu dalam rangka Tepak, karena ada beberapa yang ingin kami sampaikan kepada Bapak Wakil Bupati, yang alhamdulillah berkenan hadir,” ujar Yasin. (endyk)