Seorang Guru Pamerkan Wayang Raksasa Jokowi-JK

pdip jatim - wayang Jokowi JKKEDIRI – Sebagai wujud rasa syukur dan gembira atas dilantiknya presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla, pelajar SMK Negeri 2 Kota Kediri, Jawa Timur menggelar pameran wayang raksasa dari pelepah pisang kering, dan juga kertas kardus bekas. Uniknya, wayang-wayang ini ditempeli dengan foto Jokowi – JK dan sejumlah tokoh nasional yang ikut berperan dalam keberhasilan pemimpin negara itu, pada pilpres lalu.

Pameran wayang dari pelepah pisang kering ini memiliki tujuan sebagai rasa syukur dan senang atas terpilihnya Jokowi sebagai presiden ketujuh Indonesia. Pameran wayang raksasa berlangsung di gedung serba guna SMK Negeri 2 Kota Kediri ini dilaksanakan secara terbuka sehingga semua masyarakat dapat datang untuk melihat.

Wayang-wayang yang dipamerkan merupakan hasil karya dari guru kesenian SMP Negeri Gampengrejo Kabupaten Kediri bernama Sampurno Hadi. Selain wayang, ada sejumlah karya seni seperti lukisan dan foto-foto berusia lama yang menggambarkan para tokoh-tokoh nasional seperti presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut Sampurno Hadi, tokoh Jokowi dalam wayang yang dibuat sengaja digambarkan dengan tokoh pewayangan petruk. Ia menggambarkan, sosok petruk yang memiliki sifat humoris, merakyat dan kreatif digambarkan sebagai Jokowi.

“Petruk itu dari kalangan rakyat biasa, tapi dia bisa menjadi ratu. Dialah Jokowi, karakternya mirip dengan Petruk yang dalam pewayangan memiliki sifat humoris, merakyat dan tidak sombong,” urainya.

Wayang Petruk yang digambarkan sosok Jokowi ini mempunyai tinggi mencapai 5 meter. Menurut Sampurno, tinggi 5 meter merupakan simbol, jika kelak Jokowi akan memimpin sesuai dengan periodenya yakni 5 tahun. “Kalau dalam cerita pewayangan, namanya judul Petruk Jadi Ratu, biasanya hanya sebentar. Tapi Petruk jadi Ratu disini bisa sampai 5 tahun sesuai dengan ukuran tinggi wayangnya,” ujarnya.

Sedangkan Jusuf Kalla digambarkan pada tokoh pewayangan Gatot Kaca dengan karakter seorang bisnisman, dan dapat terbang ke berbagai tempat. Wayang Gatot Kaca tingginya 2 meter, karena sudah dua pereode menjabat sebagai wakil presiden.

“Adapun sosok Gatut Kaca mempunyai tinggi 2 meter, karena Pak JK sudah dua kali ini menjabat sebagai Wakil Presiden,” ujarnya.

Seorang siswi SMK Negeri 2 Kota Kediri Nazila Aurora mengaku sangat senang dan cukup terhibur dengan adanya pameran wayang pelepah pisah kering raksasa. Sebab, pameran tersebut baru pertama kali ada di sekolahnya. Menurutnya, yang menarik dari pameran tersebut adalah figur-figur tokoh nasional yang digambarkan pada pewayangan yang diidentikkan dengan sifat-sifat wayang tersebut.

“Sangat senang, tokoh-tokoh wayangnya dikaitkan dengan tokoh nasional. Jadi, lebih mudah mengenalnya,” ujarnya.

Untuk diketahui, tokoh nasional lain yang digambarkan adalah Megawati pada wayang Srikandi. Putri proklamator kemerdekaan itu dianggap memiliki sifat dan peran yang sama dengan Srikandi yaitu pandai dalam melepaskan senjata. Sehingga, pada pilpres lalu, Megawati berhasil melepaskan senjatanya hingga pasangan Jokowi – JK berhasil dipilih rakyat. (rif)