Senyum Ramah Jokowi Mempesona Warga Malang

Jokowii tebar senyumKEHADIRAN capres PDI Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) menjadi magnet tak terbendung yang menyedot perhatian masyarakat. Seperti yang terjadi di Malang, Minggu (31/3) kemarin. Dimana pun ia muncul, orang-orang berduyun mengerumuninya.

Permintaan untuk sekadar bersalaman atau berfoto bersama pun dilayaninya dengan ramah dan penuh senyum.

Begitu turun dari pesawat di bandara Abdul Rahcman Saleh menuju tempat parkir mobil, ia sudah dikerubuti para penumpang yang berebut ingin berfoto dan salaman. Tak terkecuali pramuniaga toko di sepanjang teras bandara.

“Pak Jokowi ke sini, sini..!” teriak mereka bergerombol dari depan toko. Jokowi melihat ke arah mereka dan melambaikan tangan,

“Sini..sini..,” jawab Jokowi, minta mereka mendekat. Mereka nampak ragu sejenak. “Iya, sini,” ulang Jokowi.

Pramuniaga yang kebanyakan perempuan itu pun menghambur mendekati dan meminta foto bersama. Jokowi pun melayani dengan sabar. “Mau foto saja kok malu, ayo sini yang mau foto,” katanya ramah.

Ketika mampir di depot Buk Matira utara stasiun kota baru Malang untuk makan siang, capres yang banyak diunggulkan lembaga survey ini juga membuat orang-orang menyemut di sekitar depot. “Saya dari pagi belum makan, saya mau coba lodeh bug sama rawon dengkul dulu ya,” katanya pada orang-orang yang mengerumuninya. Usai makan dia pun kembali melayani permintaan foto bersama.

Bahkan saat selesai menunaikan shalat Asar di Masjid Jami’ kota Malang, warga yang kebetulan berada di teras masjid pun menghampirinya di teras masjid. “Pak Jokowi, saya minta foto ya, gak papa sambil duduk,” pinta seorang ibu yang langsung duduk di sebelah Jokowi yang sedang mengikat tali sepatu.

“Silakan, silakan. Ayo sini bareng-bareng biar gak lama, tidak enak nanti, ini di masjid,” kata Jokowi sambil berdiri dan berjalan menuju mobil.

Hal yang sama terjadi ketika dia masuk ke mall Malang Olympic Garden untuk membeli kemeja dan kaos. “Saya butuh baju, sudah beberapa hari tidak pulang. Habis baju bersih,” katanya. Di pun menuju counter kaos dan kemeja dan membeli beberapa. “Pak, ini ada kaos Jokowi, dibeli ya?” rayu seorang penjaga toko. Jokowi pun menurutinya. Ia membeli dua kaos bergambar dirinya dan dua kaos bergambar Bung Karno.

Rencana masuk mall hanya sebentar pun akhirnya molor karena di sepanjang lorong para pengunjung berebut bersalaman dan minta foto bersama. “Pak Jokowi orangnya ramah, mau bermasyarakat. Saya senang melihatnya. Mudah-mudahan bisa jadi presiden yang baik,” kata Ainun, seorang pengunjung mall. (sa)