Senin Kabinet Jokowi-JK Bakal Dilantik

pdip jatim - jokowi jk naik andongJAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan, pelantikan kabinet digelar Senin (27/10/2014) depan. Oleh karena itu, nama-nama menteri akan diumumkan sebelum pelantikan.

“Senin, pelantikan,” kata JK menjawab pertanyaan wartawan saat jumpa pers di Istana Wakil Presiden, kawasan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (24/10/2014).

Saat wartawan mencecar kapan waktu pengumuman kabinet, menurut JK, bisa nanti, bisa besok (Sabtu 25 Oktober). Yang jelas, katanya, pengumuman kabinet sebelum Senin, atau sebelum pelantikan.

Sementara, para jurnalis tetap menunggu Jokowi-JK mengumumkan kabinetnya karena ada sinyal kabinet segera diumumkan Jumat malam. Apalagi KPK dan PPATK sudah menyerahkan surat hasil verifikasi 4 nama calon menteri ke Jokowi-JK. Namun sampai tengah malam belum ada pengumuman soal kabinet.

Menurut Wakil Sekjen PDI Perjuangan Achmad Basarah, Jokowi dan JK masih mempelajari hasil verifikasi dari KPK. Pun Jusuf Kalla mengusulkan agar pengumuman kabinet dilakukan pada Sabtu (25/10/2014) atau Minggu (26/10/2014). “Masih ada yang perlu dirundingkan,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo sendiri disebut sudah mulai mengerucutkan nama-nama kabinetnya. Apabila laporan KPK menyatakan bahwa tak ada lagi masalah, maka Jokowi akan mengumumkan kabinetnya, tanpa menunggu pertimbangan dari DPR.

Menurut mantan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto, Jokowi-JK tidak harus menunggu DPR untuk mengumumkan kabinetnya. “Pertimbangan sudah selesai. Lagipula DPR memberikan pertimbangan, bukan persetujuan atau tidak persetujuan,” jelas Andi. (pri/*)