Sekretaris PDIP Jatim: Saksi Partai Bukan Saksi Caleg

SIDOARJO – Seorang saksi dari PDI Perjuangan bertindak mewakili Partai, bukan mewakili calon anggota legislatif (caleg).

Hal itu ditegaskan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari Bisowarno dalam pidatonya pada acara penggemblengan pelatih saksi di kawasan Juanda, Sidoarjo, Jumat (28/12/2018). 

Sri Untari menegaskan, tujuan pelatihan pelatih saksi ini agar nantinya peserta bisa melatih saksi di wilayah masing-masing. 

Baca juga: BSPN Jatim Gembleng Ratusan Pelatih Saksi

“Juga untuk memberikan penegasan dalam pelatihan saksi di daerah masing-masing nantinya, jika saksi PDI Perjuangan dalam pemilu serentak 2019 adalah saksinya partai, bukan saksinya caleg,” katanya. 

Sebab, lanjut Untari, PDI Perjuangan telah bertekad untuk mencetak rekor sepanjang sejarah kepemiluan Indonesia pasca reformasi, dimana sebuah partai bisa memenangkan pemilu dalam dua periode yang berurutan.

“Kalau partainya menang, sudah pasti banyak caleg jadi. Tapi kalau caleg menang, belum tentu partainya menang,” tambah dia.

Karena itu, lanjut perempuan yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini, peserta diharapkan berdisiplin mengikuti acara dari awal sampai akhir.

Sebab pelatihan mengajarkan tidak saja  hal-hal tentang kepemiluan. Lebih dari itu teknik-teknik pengawalan dan pengamanan suara. 

“Agar kemenangan  PDI Perjuangan termasuk Jokowi-Amin pada pemilu April mendatang bisa terwujud,” ujarnya.  Acara peningkatan kapasitas pelatih saksi dan gugus penggerak pemilih (guraklih) Badan Saksi Pemilu Nasional Daerah PDI Perjuangan Jawa Timur dilaksanakan 27-30 Desember. Acara diikuti para pelatih saksi yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. (hs)