Sekjen PDIP Sampaikan Arahan Megawati untuk Legislator Baru se-Jatim

JAKARTA – Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan pengarahan pada legislator terpilih dalam acara pendidikan kader partai bagi anggota legislatif Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten/Kota se-Jatim, Kamis (5/9/2019) malam.

Dalam pengarahan tersebut, Hasto menyampaikan pesan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Pesan tersebut adalah setiap kader, khususnya mereka yang telah menjadi legislator, agar tidak berpuas diri, terlebih sombong setelah menang di Pemilu 2014 dan 2019.

Baca juga: 343 Legislator se-Jatim Ikuti Kaderisasi Tingkat Madya

Menurut Hasto, semuanya justru harus terpicu mencetak sejarah baru dengan menjadi pemenang pemilu tiga kali berturut-turut setelah 1998.

“Karenanya, pengurus DPP dan DPD partai bersama anggota dewan harus melangkah dengan cepat,” kata Hasto.

Secara khusus Hasto lalu mengucapkan terima kasih atas kerja keras kader PDIP di Jawa Timur.

Sebab untuk pertama kalinya dalam sejarah pemilu, PDIP menjadi pemenang di Jatim. Dan atas hasil itu, jatah Ketua DPRD di provinsi ini akan dipegang kader PDIP.

“Jika posisi Ketua DPRD benar-benar di tangan PDI Perjuangan, ini adalah tanggung jawab kita untuk terus menjaga kepercayaan rakyat. Dan dengan itu, pintu untuk memenangkan pemilu tiga kali berturut-turut terbuka buat kita,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, kader PDIP, diharapkan memperlihatkan kesadaran ideologi yang tinggi, memiliki kesadaran politik, kesadaran berpartai yang tinggi, memiliki kesadaran untuk menerapkan ilmu pengetahuan teknologi terapan dan menjadi kader pelopor yang hidup di tengah masyarakat.

Menurut dia, menjadi anggota legislatif termasuk legislator Jawa Timur adalah tugas yang mengemban sebuah tanggung jawab. PDI Perjuangan, sebutnya, menyiapkan seluruh anggota legislatif dengan baik melalui tahapan kontes ketika mereka mau dicalonkan.

Lalu dilanjutkan dengan penugasan di lapangan. “Pada hari ini setelah mereka dilantik, kami berikan pembekalan tentang aspek-aspek ideologis, tata kelola partai dan juga fungsi legislasi, fungsi anggaran, pengawasan,” jelas Hasto.

“Dan yang tidak kalah penting adalah fungsi representasi diberikan penekanan khusus agar seluruh kader partai siap untuk betul-betul hadir sebagai partai pelopor yang ditandai dengan disiplin dalam ideologi, organisasi, teori, pergerakan untuk rakyat dan dalam perilaku,” tambah dia.

Karena itulah melalui pendidikan partai ini diharapkan semua anggota legislatif PDIP siap. Apalagi pada Kongres V PDIP di Bali Agustus lalu telah menyatakan diri sebagai partai pelopor.

Hasto dalam kesempatan itu juga memberikan medali sebagai penghargaan kepada kader yang meraih suara terbesar saat pemilu legislatif di Jawa Timur.

“Diharapkan seluruh anggota legislatif yang telah terpilih dapat menggunakan momentum pelatihan ini menggembleng dan membangun semangat gotong royong,” harap dia. (goek)