Sekjen PDIP: Jokowi Siap Lanjutkan Pembangunan dan Renovasi Pasar Tradisional

SITUBONDO – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, jika apabila pasangan petahana Jokowi-Ma’ruf Amin menang di Pilpres 2019, program pembangunan dan renovasi pasar tradisional akan diteruskan. Sebab pasar tradisional merupakan pusat perekonomian masyarakat.

“Kepemimpinan Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin didukung PDI Perjuangan membangun pasar-pasar tradisional, merenovasi pasar tradisional. Sehingga dari sini infrastruktur rakyat bisa dibangun,” kata Hasto, Minggu (27/1/2019).

Hal itu disampaikan Hasto saat blusukan di Pasar Panji Situbondo, dalam rangkaian Safari Kebangsaan ke-6 PDIP di kawasan Tapal Kuda Jawa Timur. Di pasar tersebut, Hasto  berdialog dengan masyarakat maupun pedagang.

Didampingi caleg PDI Perjuangan untuk Kabupaten Situbondo Linda Indrawati dan Rudi Afianto, Hasto dan rombongan Safari Kebangsaan blusukan di Pasar Panji mulai pukul 06.30 WIB.

Turun dari kendaraan, Hasto mengunjungi pedagang makanan cenil dan krau dan sempat belanja. Kemudian mengunjungi pedagang sayur dan membeli daun kelor, mengunjungi pedagang ubi dan sempat mencicipi ubi mentah yang segar.

“Ini kekayaan ragam nabati Indonesia, banyak buah, sayur, dan kuliner. Ubi ini meskipun belum dimasak tapi segar dan enak,” katanya.

Hasto kemudian, memasuki lorong pasar dan mengunjungi beberapa pedagang, seperti pedagang makanan, pedagang jamu tradisional, pedagang ayam potong.

Di dekat lokasi itu ada pedagang yang baru dibangun dan masih kosong. Hasto mendapat informasi, los itu untuk pedagang, ayam potong, daging, dan ikan, yang saat ini masih berdagang di luar, yakni di bagian sisi kiri pasar.

Hasto kemudian mengunjungi pedagang ayam di sisi luar pasar, pedagang tempe dan tahu, kemudian juga mampir ke warung minum dan memesan kopi. Rombongan yang mendampingi juga memesan kopi, teh, dan makanan kecil.

Seorang ibu yang sedang berbelanja tampak gembira melihat kunjungan Hasto Kristiyanto ke Pasar Panji. Menurut dia, Presiden Jokowi adalah presiden yang memperhatikan rakyat kecil dan memiliki kinerja bagus dalam pembangunan infrastruktur.

Ibu yang tinggalnya tidak terlalu jauh dari Pasar Panji itu mengakui, dirinya menerima Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), serta terdaftar dalam Program Keluarga Harapan. “Keluarga saya sangat terbantu dengan program-program kesejahteraan rakyat dari Presiden Jokowi. Saya bisa menyelamatkan anak saya dengan lancar. Saya juga tidak repot kalau berobat,” ujarnya. (goek)