oleh

Satgas Bengawan Solo Bersih Pastikan Pohon Penghijauan Tumbuh dengan Baik

BOJONEGORO – Satgas Bengawan Solo Bersih yang dibentuk DPC PDI Perjuangan Bojonegoro kembali melakukan penanam pohon di wilayah aliran Sungai Bengawan Solo.

Setelah penanaman pohon di Desa Lebaksari dan Desa Pucangarum, Kecamatan Baureno sebanyak 200 pohon awal Februari, kali ini aksi yang sama dilaksanakan di Desa Sukoharjo dan Desa Pungpungan,  Kecamatan Kalitidu, Sabtu (27/2/2021). 

Baca juga: Banteng Bojonegoro Tanam Ribuan Pohon di DAS Bengawan Solo

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bojonegoro, Abidin Fikri mengungkapkan, pohon yang ditanam adalah tanaman keras Jati dan Sengon. Sedangkan tanaman buahnya adalah Jambu Kristal dan Matoa.

“Penanaman pohon di sepanjang DAS Bengawan Solo yang melintasi 85 Desa dan 14 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro ini dilakukan secara berkesinambungan,” kata Abidin. 

Legislator DPR RI ini mengatakan, dengan adanya Satgas Bengawan Solo Bersih, penanaman pohon yang dilakukan dipastikan akan tumbuh dengan baik. Karena ada monitoring tanaman, pemupukan, penyulaman, penyiangan.

Selain itu, setiap pohon akan dijaga baik dengan sistem Wali Pohon. “Wali Pohon ini adalah warga sekitar yang dikelompokkan melalui kelompok  kerja dengan merekrut simpatisan PDI Perjuangan,” ujar Abidin. 

“Terima kasih atas partisipasinya kepada Camat, Kapolsek dan Koramil Kec Kalitidu serta Kepala Desa Pungpungan dan Kepala Desa Sukoharjo,” ucapnya.

Aksi peduli lingkungan ini sebagai rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 PDI Perjuangan dan Ultah ke-74 Ketua Umum Megawati Soekarnoputri ini dilakukan di 14 kecamatan yang dilewati aliran sungai terpanjang di Pulau Jawa ini. 

14 Kecamatan yang akan ditanami secara bertahap tersebut meliputi, Kecamatan Baureno, Kanor, Balen, Trucuk, Kapas, Bojonegoro, Dander, Kalitidu, Purwosari, Malo, Kasiman, Padangan, Ngraho dan Margomulyo. (goek)