Sari Temulawak Jombang untuk Jokowi

minuman khas jombangADA hal menarik saat calon presiden Joko Widodo bersilaturahmi ke KH Abdul Aziz Mansur di Dusun Pacul Gowang Desa dan Kecamatan Diwek, Jombang, Sabtu (3/5) petang. Jokowi disuguhi minuman seperti yang biasa ia konsumsi untuk menjaga staminanya agar kuat blusukan: temulawak.

Beberapa botol kemasan bertuliskan jamu temulawak terhidang di meja ruang tamu kediaman Kyai Aziz, sapaan akrab KH Abdul Aziz Mansur, Sabtu (3/5/2014) malam pukul 18.30 waktu setempat. Jamu temulawak itu disajikan tuan rumah menyambut kedatangan Jokowi dan rombongan pada malam tersebut.

Kyai Aziz dan Jokowi duduk berhadapan di antara meja. Beberapa tokoh mengambil tempat di sekitar keduanya. Nampak Ketua DPP PKB Marwan Jaffar, Wasekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah, Ketua DPP Nasdem Effendi Choiri, Ketua DPW PKB Halim Iskandar, dan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur H Sirmadji Tjondropragolo.

Untuk beberapa saat mereka berbincang-bincang di ruang tamu, kemudian masuk ke ruangan lain. Mereka melakukan pertemuan tertutup dari awak media. Sementara beberapa botol jamu temulawak itu telah berkurang isinya.

Baca juga: Kyai Aziz Restui Perjuangan Jokowi Memimpin NKRI

Di bagian dapur, sejumlah ibu-ibu  nampak sibuk. Botol-botol temulawak serupa di ruang tamu terlihat di sana. Beberapa lelaki bersarung terlihat hilir mudik. Ditanya Infokomnews mengapa Jokowi disuguhi jamu temulawak dan bukan minuman yang lain, sejumlah ibu-ibu hanya mengulas senyum. “Ini minuman khas Jombang,” jawab seorang lelaki.

Di lain kesempatan seperti dilansir banyak media umum, Jokowi mengungkapkan rahasianya dalam menjaga kebugaran tubuh agar bisa tetap rajin blusukan. Jokowi mengaku, sejak belasan tahun lalu ia kerap meminum jamu temulawak. Jamu dari air rebusan temulawak dan kacang hijau menjadi resep turun temurun keluarga Jokowi. (her)