Sadar Keberhasilan Jokowi, Kepala Daerah Ramai-ramai Mendukung

JAKARTA – Partai pengusung Capres-cawapres Jokowi Widodo – Ma’ruf Amin optimistis, di sejumlah daerah yang menjadi basis pendukung Prabowo Subianto pada Pilpres 2014 lalu, bakal mendapatkan suara terbanyak. Terutama di Sumatera Barat (Sumbar) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wakil Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Eriko Sotarduga mengatakan, dukungan dari Kepala Daerah Sumbar dan NTB merupakan bukti jika Presiden Jokowi selama 4 tahun memimpin dianggap berhasil.

Sehingga sejumlah kepala daerah di Sumatera Barat, dengan kesadarannya mendukung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 mendatang. Kesepuluh kepala daerah tersebut menyampaikan dukungannya di Hotel Inna Muara, Kota Padang, Selasa (18/9/2018).

Kesepuluh kepala daerah yang secara terang-terangan mendukung Jokowi-Ma’ruf adalah Bupati Dharmasraya Sutan Riska, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, dan Wali Kota Solok Zul Elfian.

Selain itu, empat kepala daerah lainnya yang berhalangan hadir namun ikut menyatakan dukungannya adalah Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, Bupati Solok Gusmal, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, dan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet.

Artinya, sebanyak 10 kepala daerah, alias separuh dari 19 kabupaten/kota di Sumbar mendeklarasikan dukungannya untuk Jokowi-Ma’ruf.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada kepala daerah yang memberikan dukungan ke pak Jokowi. Ini menjadi catatan bagi kita semua, bahwa ini tidak ada yang dikondisikan atau tidak misalnya, ada dari tim kampanye KIK. Ayo mari kita lakukan pendukungan terhadap pak Jokowi tapi ini kesadarannya,” ujar Eriko Sotarduga di Kompleks Senayan Gedung Nusantara III, Jakarta, Rabu (19/10/2018).

Di era pemerintahan Jokowi diakuinya, paling sering melakukan kunjungan ke Sumbar dan Papua begitupun dengan daerah yang lain. Pada masa Jokowi berhasil menyelesaikan pembangunan infrastruktur yang masih mandek di era sebelumnnya.

Sementara itu, dukungan masyarakat kepada Jokowi-Ma’ruf masih berdatangan. Kali ini, sejumlah komunitas muda tergabung dalam Komunitas Muda Amin Indonesia (KMA Indonesia) mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Jokowi dan Ma’ruf Amin di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Rabu (19/9/2018).

Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, politisi PDIP Budiman Sudjatmiko, serta putri Ma’ruf Amin, Siti Hanitunnisa, meramaikan deklarasi.

Dalam pidatonya, Budiman membeberkan alasan mengapa harus memilih Jokowi-Ma’ruf. Mewakili anak muda, Dia mengatakan politik dan kebijakan tidak berdasarkan fitnah. Karena membawa percakapan yang baik untuk generasi muda.

“Kita memilih Jokowi-Ma’ruf Amin bukan hanya karena Jokowi – Ma’ruf Amin, tetapi untuk anda generasi muda. saya tidak kebayang kalau presiden kita lahir dari kampanye kebencian, lahir dari kampanye fitnah, kita tolak itu,” kata Budiman. (goek)