Saat Pimpin Jatim, Gus Ipul Minta Anas Jadi Penasihat

JEMBER – Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memastikan bakal menjadikan sebagian program Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sebagai percontohan.

Bahkan Anas akan dimintanya sebagai penasihat untuk menyukseskan program-program pembangunan di Jawa Timur, jika dia bersama Cawagub Puti Guntur Soekarno terpilih dalam Pilgub Jatim 2018.

“Pak Anas ini adalah bupati paling sukses se-Indonesia. Saya ingin belajar. Banyak capaian prestasi selama beliau memimpin Banyuwangi,” kata Gus Ipul, di hadapan ribuan peserta Halaqoh Kebangsaan di Pondok Pesantren Ibnu Sina, Genteng, Banyuwangi, kemarin.

Dia menambahkan, kisah sukses Bupati Anas sudah diketahui banyak pihak. Tak heran para investor mengajak Banyuwangi menjadi mitra kerja dan usaha.

“Yang akan coba diterapkan adalah pengembangan pedesaan. Dari pengalaman Banyuwangi menyelesaikan urusan-urusan masyarakat,” kata Gus Ipul.

Menanggapi hal tersebut Anas mengungkapkan, jauh lebih mudah menggerakkan roda perekonomian masyarakat dengan cara mengelola dana di desa. “Sebab ujung-ujungnya adalah kehidupan masyarakat di tingkat bawah yakni pedesaan meningkat,” kata Anas.

Karena modal sosial sudah tercipta, lanjut dia, maka pemerintah tinggal membangkitkan semangat para kepala desa untuk ambil bagian dalam proses ini.  “Semangat para kepala desa ini yang memperlancar nyaris semua program di Banyuwangi. Padahal tidak semua mereka paham IT,” ujarnya.

Halaqah Kebangsaan di Ponpes Ibnu Sina dihadiri ribuan kader-kader Nahdliyin dari semua tingkatan serta dari semua banom NU, seperti GP Ansor, Muslimat, Fatayat, IPNU, dan IPPNU.

Mereka bertekad memenangkan pasangan Gus Ipul-Mbak Puti pada Pilgub 2018 mendatang. Selain Gus Ipul dan Bupati Anas, tampak hadir Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar.

Di forum ini, Ketua PC Muslimat Banyuwangi, Ny Ma’mulah Harun, terang-terangan memberi dukungan bagi kemenangan pasangan Gus Ipul-Mbak Puti. Pun Ketua DPC PKB Banyuwangi Joni Subagyo , yang secara terbuka memberi garansi bagi kemenangan koalisi PKB, PDI Perjuangan, PKS dan Partai Gerindara dalan Pilgub Jatim 2018 tersebut.

Sedang pengasuh Ponpes Ibnu Sina, KH Masykur Ali, MM menegaskan, ini merupakan halaqoh yang paling lengkap karena dihadiri tokoh dari banyak pondok pesantren.

Sedang pilihan terhadap Gus Ipul, jelas Kyai Masykur, alasan utamanya karena adanya sanad keilmuan, ideologi, biologis.

“Gus Ipul sanadnya jelas. Keilmuannya jelas dari Jombang. Para ulama bermujahadah dan beristikharah untuk memenangkan Gus Ipul,” ujar Kyai Masykur.

Gus Ipul, tambah Kyai Masykur, jalur keturunannya jelas. Demikian juga Mbak Puti (Puti Guntur Soekarno).

“Gus Ipul mewakili relijius, sedang Mbak Puti mewakili nasionalis. Memenangkan pasangan ini, berarti tujuannya untuk mempertahankan manhaj ahlussunnah wa jamaah. Tak ada pilihan bagi Banyuwangi selain kita memenangkan Gus Ipul dan Mbak Puti,” katanya. (goek)