Risma, Satu-satunya Kada Penerima Penghargaan SPS

0401-wali-kota-surabaya-tri-rismaharini VIVA-kiriYOGYAKARTA — Wali Kota Tri Rismaharini menjadi satu-satunya kepala daerah yang mendapatkan penghargaan kategori Tokoh Publik Pilihan Serikat Perusahaan Pers (SPS) 2014. Penghargaan tersebut diterima Risma di ajang Indonesia Publik Relations Awards & Summit (IPRAS) 2014 yang digelar SPS di Yogyakarta, Jumat (17/10/2014).

Penghargaan sama juga diberikan SPS kepada Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva, tapi yang bersangkutan berhalangan hadir. Komisi Pemilihan Umum (KPU), MK, dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sebagai institusi juga menerima penghargaan untuk kategori Lembaga Publik Pilihan SPS.

Risma mengaku tidak menyangka akan mendapat penghargaan ini dari insan pers. “Tidak mengira karena selama ini apa yang saya lakukan sekadar apa yang ada di dalam hati saya. Terus terang ini surprise untuk saya,” ungkap Risma usai menerima penghargaan, di The Rich Sahid Hotel Yogyakarta.

Dia juga mengakui, kadang kata-kata yang ia keluarkan tak disukai pihak lain. Ia kadang terpeleset dengan kata-katanya sendiri. “Saya tetap seperti apa adanya, karena kalau harus berubah jadi orang lain, itu sangat berat untuk saya karena saya harus berpikir yang lain sehingga saya akan merasa terbebani,” kata Risma.

Sedang Ketua KPU, Husni Kamil Manik mengatakan penghargaan yang diberikan pada lembaganya ditempatkan dalam posisi yang proporsional untuk evaluasi. Di sisi lain, apabila ada yang mengritik maka ditempatkan pada proporsi tersendiri juga yang berimbang. Penghargaan yang diraihnya, dinilai sebagai bagian dari penilaian masyarakat. (pri/*)