Risma Berlebaran Eropa Promosikan Surabaya

SURABAYA – ‎Liburan Lebaran kali ini tak berarti libur pula bagi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Perempuan yang karib disapa Risma itu malah masih sibuk mempromosikan Kota Pahlawan ke benua Eropa.

Usai menggelar open house pagi tadi, ia bakal lanjut berlebaran di Belgia dan Perancis. “Aku nanti malam langsung berangkat ke Eropa sampai Jumat,” kata dia saat ditemui wartawan di rumah dinasnya, Minggu, 25 Juni 2017.

‎Risma bersama beberapa staf pemkot terbang ke Brussels, Belgia untuk menghadiri pertemuan perdana jajaran dewan dalam‎ Global Covenant of Mayors for Climate and Energy yang digelar 27 Juni 2017.‎

‎Ia baru saja terpilih di antara 9 wali kota baru yang masuk jajaran dewan baru di forum tersebut. “‎Nah, lusa ada seminar tentang apa yang harus diakukan dan disepakati bersama antara para undangan dalam menghadapi pemanasan global.”

‎Risma mengaku tak berlama-lama di Belgia. Sehari setelah menghadiri seminar, ia dijadwalkan bertemu Ratu Belgia Mathilde dan Raja Belgia Philippe. “Lalu berikutnya aku ke kota Nancy, Prancis menjadi pembicara,” kata Risma.

Perempuan 55 tahun itu bakal terbang ke Perancis untuk menghadiri undangan sebagai pembicara di acara World Materials Forum di kota Nancy, Perancis, pada 29-30 Juni. Ia diminta berbicara soal kepemilikan jasa mobilitas untuk efisiensi material yang lebih baik, serta standardisasi pengujian siklus hidup (LCAs) untuk material berkelanjutan.‎

‎Sebelumnya, Risma menghabiskan pekan terakhir Ramadan di benua Amerika dan Eropa. Ia terjadwal menjadi pembicara di kota Montreal, Kanada, dan Den Haag, Belanda. ‎

Di Kanada, perempuan kelahiran Kediri itu menjadi salah satu leader forum (pemimpin rapat) yang membahas tantangan global di kota besar dalam the 12th Metropolis World Congress pada 19-23 Juni 2017 lalu. Risma berbagi pengalaman dalam sesi paripurna mengenai kepemimpinan baru di kota metropolitan.

Dari Kanada, Risma langsung bertolak ke Belanda menyempatkan diri untuk menghadiri perayaan United Nations Public Service Forum and Award.‎ Ia baru tiba pada hari Sabtu, 24 Juni 2017 lalu segera memimpin apel persiapan keamanan kota Surabaya saat masa Lebaran di Balai Kota Surabaya. (tempo)