Risma Berbagi Manajemen Pemerintahan ke PNS dan Warga Batang

pdip-jatim-risma-di-kabupaten-batangBATANG – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Selasa (15/3/2016) menghadiri Festival Anggaran Kabupaten Batang. Dalam kunjungannya, Risma membagikan ilmu manajemen pemerintahan kepada sekitar seribu pegawai negeri sipil (PNS) dan masyarakat yang memadati Pendopo Kabupaten Batang.

Dalam paparannya, Risma berbagi kiat mengubah wajah kota dalam kurun lima tahun terakihir. “Kunci keberhasilan yang saya lakukan adalah manajemen anggaran yang transparan serta partisipasi warga Surabaya. Warga sadar, mereka butuh kota yang maju dan tertata sebagai bagian penting dari kehidupan mereka,” ujar Risma.

Dia menambahkan, transparansi anggaran membuat warga paham bahwa pemerintah sedang bekerja keras. Kesadaran warga semacam ini membuat Kota Surabaya tidak hanya berubah menjadi kota yang lebih tertata. Surabaya bahkan menjadi kota yang lebih manusiawi.

“Pemerintah harus peduli pada nasib warganya. Harus punya solusi yang konkret dan mewujudkan visi dengan kerja keras,” lanjut Risma

Selain berbagi kiat, Risma juga menunjukkan bagaimana peran teknologi Informasi membantunya dalam mengelola kota. “Teknologi informasi membuat pengawasan menjadi lebih mudah,” tuturnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo mengaku banyak belajar dari cara Risma dalam mengelola anggaran. “Saya berkomunikasi intens dengan Ibu Risma. Beliau sangat terbuka dan mau berbagi ilmu. Dan terbukti, Batang juga bisa melakukan hal yang sama dengan Surabaya,” kata Yoyok.

Dia juga memberikan semangat kepada ribuan PNS dan warga Batang agar tidak kalah dengan Surabaya. “Surabaya bisa, Batang juga bisa. Ayo kita bersama berusaha, untuk Batang, Jawa Tengah dan Indonesia,” tutup Yoyok. (goek)