Rieke Sosialisasi Kartu Indonesia Sehat

Oneng - kartu Ind SehatSURABAYA – Ketika blusukan di Taman Bungkul Surabaya, Selasa (24/6/2014) sore, juru kampanye nasional tim pemenangan capres cawapres Joko Widodo – Jusuf Kalla (Jokowi-JK) Rieke Diah Pitaloka membagikan contoh Kartu Indonesia Sehat (KIS) pada pengunjung taman.

KIS merupakan program pasangan capres cawapres Jokowi JK. Rieke menjelaskan, penerima kartu itu adalah warga miskin yang tergolong memiliki penghasilan di bawah UMK atau sama dengan UMK. Hal itu sesuai dengan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 yang menyatakan setiap warga negara berhak mendapatkan kebutuhan hidup yang layak termasuk jaminan kesehatan.

“Jadi ini adalah program Jokowi-JK untuk pemenuhan kebutuhan hidup layak termasuk jaminan kesehatan bagi setiap warga negara, yang memang sudah seharusnya dijamin negara,” tambah dia.

Bedanya dengan jaminan sosial nasional saat ini, menurut Rieke, kartu Indonesia Sehat ini menawarkan sebuah sistem yang sesuai dengan Undang-Undang. “Kalau sistem yang sekarang dijalankan pemerintah kan hanya berganti nama tapi sistemnya sama seperti yang sudah-sudah. Akibatnya yang miskin tidak dapat, tapi yang mampu jutru dapat,” papar dia.

“Kartu ini bisa digunakan di mana pun. Kalau sekarang kita sakit kan harus pulang dulu baru bisa berobat, dengan sistem ini kita tidak perlu begitu, bisa berobat dimana pun,” jelas Rieke pada para pengunjung taman.

Dengan sistem ini, lanjut Rieke, jumlah kepesertaan yang dengan sistem sekarang untuk kategori miskin dan tidak mampu saja bisa menjamin 86, 4 juta jiwa, maka dengan KIS ia optimis bisa lebih. “Dengan sistem yang ditawarkan JokowiJK kami optimis bisa mengaver 121 juta hingga 160 juta jiwa rakyat Indonesia dijamin kesehatannya dengan APBN yang berasal dari uang rakyat,” tegas dia.

Selanjutnya, usai dari Taman Bungkul Surabaya, Rieke kembali melanjutkan sosialisasinya di kawasan Bulak Banteng Lor. Di tempat ini, Oneng akan menemui warga sekitar agar memberikan dukungannya untuk Jokowi – JK di Pilpres 9 Juli mendatang. (sa)