Resmikan Tol Terpanjang, TKN: Jokowi Pecah Kebuntuan Pemerintahan Sebelumnya

JAKARTA — Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto, menilai terbangunnya Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Natar di Lampung menunjukkan Jokowi mampu memecah kebuntuan pemerintahan sebelumnya.

“Jalan tol ini menembus berbagai kebuntuan yang tak bisa dilakukan pemerintahan sebelumnya,” kata Hasto di sela-sela kampanye di Banda Aceh, Aceh, Jumat (8/3/2019).

Hasto menyebut, dirinya menerima banyak aspirasi dari masyarakat Lampung agar Tol Trans-Sumatera segera diresmikan. Sebab, jelasnya, Tol Trans-Sumatera sangat penting karena mengintegrasikan seluruh Sumatera nantinya.

Dia menambahkan, karena kuatnya aspirasi masyarakat Lampung, Jokowi langsung meresmikan tol tersebut. Hasto mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkampanye di Aceh untuk menyerap aspirasi masyarakat di sana.

“Nanti kami juga akan sampaikan aspirasi ini kepada Pak Jokowi sebelum beliau berkunjung ke Aceh pada 15 Maret,” lanjut Hasto.

Hari ini, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Segmen Bakauheni-Lematang dan Segmen Kotabaru-Terbanggi Besar dan Terminal dan Dermaga Eksekutif Merak Dan Bakauheni, di Gerbang Tol Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Jokowi mengatakan, ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar itu merupakan ruas tol terpanjang yang pernah diresmikannya, sepanjang 143 kilometer. Tol ini menjadi jalan bebas hambatan terpanjang setelah Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang membentang 116,75 kilometer.

“Ini adalah babak pertama yang kita resmikan, dan kita harapkan nantinya di bulan Juni, Bakauheni sampai di Palembang juga akan segera tersambungkan dengan jalan tol ini,” ujarnya.

Selanjutnya, dari Lampung sampai ke Aceh, Presiden berharap pada 2024 akan tersambungkan. “Insya Allah akan sambung,” ucapnya.

Menurut Jokowi, banyak yang bertanya kepada dirinya, kenapa ruas jalan ini begitu sangat cepat? Ia menyebutkan, kuncinya, di lapangan. Presiden menilai, Lampung bisa dijadikan contoh yaitu pembebasan lahan yang begitu sangat cepat.

Dia berharap, investasi di sini, infrastruktur siap, dan dengan perizinan yang cepat, akan menarik sebanyak-banyaknya. Sehingga harapkan ini akan membuka lapangan pekerjaan yang semakin banyak di Provinsi Lampung. Setelah peresmian ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, ditargetkan dalam waktu dekat ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km dapat dikebut pengerjaannya dan selesai pada April 2019. Dengan demikian, pada pertengahan 2019 seluruh ruas tol dari Lampung hingga Palembang dapat tersambung. (goek)