Resmikan KBM, Hasto Ingatkan Perjuangan Bung Karno

pdip jatim - hasto - djarot banyubiruJAKARTA – Pelaksana tugas Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristyanto mengingatkan pentingnya peranan pemuda bagi kemajuan bangsa dan negara, dan perjuangan Bung Karno yang nasionalis.

“Tentu kita ingat bagaimana dulu Bung Karno pernah mengatakan, beri aku sepuluh pemuda maka aku akan mengguncang dunia,” kata Hasto Kristiyanto.

Pernyataan itu disampaikan Hasto di sela acara peresmian rumah Komunitas Banteng Muda (KBM) di Jalan Taman Kebon Sirih III Nomor 11, Jakarta Pusat, Kamis (19/3/2015) malam. Di KBM, Hasto ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pembina.

Dia meyakini komunitas ini akan terus bergerak, bukan karena pencarian jati diri, tapi karena ideologi. “Kami harap, dengan kesadaran ideologi dan karakter progresif maka KBM akan jadi penggerak perubahan bangsa,” tandas Hasto.

Ketua Umum KBM, Banyu Biru Djarot menjelaskan, KBM berupaya menampilkan wajah PDI Perjuangan semakin akrab dengan kalangan remaja. Melalui KBM, Banyu ingin PDI Perjuangan dengan ideologi Soekarnoismenya tetap diterima dan semakin berkembang di kalangan remaja.

Selama sepuluh tahun di luar pemerintahan, kata Banyu Biru, membuat banyak kalangan muda menjadi kurang mengenal secara mendalam partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu. “Banyak generasi muda yang kurang mengenal secara benar tentang PDIP,” ujar politisi muda PDI Perjuangan tersebut.

Oleh karena itu, lanjut Banyu Biru, KBM yang didirikan 15 Desember 2014 lalu itu berupaya menjadi jembatan antara PDIP dengan anak-anak muda yang peduli politik bagi Indonesia ke depan.

“Saya dan kawan-kawan mendirikan KBM sebagai organisasi masyarakat non-sayap partai yang berfungsi sebagai jembatan untuk mengenal PDIP lebih dalam,” jelas putra politisi senior PDI Perjuangan Eros Djarot tersebut.

Sementara, Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Syaiful Hidayat mengatakan, KBM harus memiliki kepedulian yang tinggi terhadap isu-isu sosial. KBM juga harus peka terhadap hal-hal negatif khususnya dalam hal pemberantasan korupsi.

Menurut dia, KBM harus menjadi salah satu garda terdepan dalam membantu pemerintah untuk memberantas korupsi. “Mudah-mudahan banteng muda ini benar-benar menjadi banteng sungguhan, banteng yang gesit,” harap pria yang juga Wakil Gubernur DKI Jakarta itu. (pri/*)