Reses, Legislator ‘Sosialisasikan’ Kemudahan Akses Mendapatkan Kredit Ringan

pdip jatim - giyanto resesMAGETAN – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur Giyanto mengatakan, partai harus bisa berfungsi sebagai fasilitator para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mendapatkan kredit.

“Sekarang sudah ada Bank UMKM Jatim yang bunganya rendah. Partai harus bisa memfasilitasi kader untuk mengaksesnya,” kata Giyanto, saat menggelar pertemuan dengan warga di Desa Taman Arum, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Rabu (25/3/2015).

Acara yang digelar anggota Komisi C DPRD Jatim ini terkait masa reses anggota dewan selama seminggu untuk menjumpai konstituen penyumbang suara terbanyak di daerah pemilihannya.

“Bidang ekonomi di DPC bisa membuat tabulasi usaha kecil menengah di Magetan yang dikelola kader. Kemudian bagi yang ingin mengajukan kredit bisa dibina dan dikawal prosesnya sehingga fungsi partai berjalan,” tutur dia.

Dengan demikian, lanjut Giyanto, antara partai dengan kader atau konstituen terjalin kerjasama sinergis. Terkait banyaknya kredit macet, dia menekankan pentingnya pembinaan bagi UMKM yang mengajukan kredit.

“Setelah pengajuan dan disetujui, maka hendaknya partai juga menjalankan fungsi pembinaan. Sejauh mana roda usaha tersebut berjalan, dan bagaimana menghindari kredit macet harus dikawal betul,” tandasnya. (sa)