Relawan Jatim Diminta Jaga Kondusifitas

pdip jatim - posko relawan jokowi-jk jatimSURABAYA – Relawan Jokowi-JK di Jawa Timur diimbau tetap menjaga kondusifitas, terutama saat menyikapi hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam perkara gugatan Pilpres 2014 pada 21 Agustus.

“Demi menjaga persatuan dan kesatuan NKRI, apapun keputusan MK, para relawan jangan menyikapinya dengan berlebihan. Sebagai relawan, baik dari Jokowi-JK maupun Prabowo-Hatta, harus ikhlas menerima apapun hasil keputusan MK,” tandas Wakil Ketua Relawan Jokowi-JK Jawa Timur, Marhaen Djumadi, di Posko Relawan Jokowi-JK Jatim Jalan Gayungsari, Surabaya, Rabu (20/8/2014).

Menurut Marhaen, proses dan tahapan Pilpres 2014 telah memasuki tahapan penting dan menentukan, yakni penetapan MK terhadap perkara gugatan hasil pilpres. Selama proses dan tahapan yang melibatkan berbagai unsur seperti aparat pemerintah, partai politik, penyelenggara Pemilu, dan elemen masyarakat itu, jelas Marhaen, diwarnai berbagai persoalan dan ketegangan.

“Namun, patut disyukuri, karena persoalan-persoalan dan ketegangan itu bisa diatasi dengan baik serta dianggap bagian dari dinamika politik sebagai bentuk pendewasaan dalan proses berdemokrasi,” ujarnya.

Di sisi lain, pihaknya mengapresiasi kerja lembaga negara penyelenggara pilpres dalam hal ini KPU, Bawaslu, hingga DKPP, yang berhasil menggelar pilpres secara maksimal. “Khusus untuk MK, kami harap dapat mengambil keputusan yang bijkasana, dan obyektif tanpa ada tekanan dari pihak lain,” harap dia. (pri)