Rekor MURI untuk Donor Darah TMP

pdip jatim - donor darah TMP di SbyJAKARTA – Acara bakti sosial donor darah serentak yang digelar Taruna Merah Putih (TMP) di 25 kota mendapat penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI). Bahkan, Ketua Umum MURI Jaya Suprana menyebut aksi sosial organisasi sayap PDI Perjuangan ini sebagai yang pertama di dunia.

“Ini tidak layak dinobatkan jadi rekor Indonesia karena ini belum ada di dunia. Maka ini rekor dunia, bukan rekor Indonesia,” ujar Jaya di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/3/2015).

Palang Merah dunia pun, sebut Jaya, belum pernah melaksanakan acara donor darah serentak di puluhan kota dalam satu hari. “Di dunia, belum pernah ada masyarakatnya di 25 kota digerakkan untuk mendonor darah. Itu hanya di Indonesia,” katanya.

Baca: Pendonor Darah Baksos TMP di Surabaya Membeludak

Acara donor darah TMP itu dihadiri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PMI, Wakil Ketua PMI Ginandjar Kartasasmita, dan Ketua PMI DKI Jakarta Rini Sutiyoso. Dalam kesempatan itu, Jaya Suprana menyerahkan plakat Rekor MURI kepada Ketua Umum TMP Maruarar Sirait.

“Kita sudah adakan kerja sama dengan PMI sejak dua bulan lalu. Ini merupakan gerakan partispasi dari bawah, khususnya pemuda,” tutur Maruarar Sirait.

Jusuf Kalla sendiri mengapresasi aksi donor darah yang dilaksanakan serempak di 25 kota di Indonesia itu. “Saya setuju dan dukung gerakan ini. Kalau hari ini 25 kota, kita dukung besok-besok 50 kota,” kata Kalla.

Kalla berharap masyarakat Indonesia membudayakan kegiatan donor darah. Ia pun mengajak anak muda untuk menjadikan donor darah sebagai gaya hidup. “Untuk pemuda, ini penting untuk gaya hidup karena semakin mendonor, semakin sehat,” jelasnya.

Dengan mendonorkan darah, tambah Kalla, maka orang tersebut telah melakukan suatu hal berguna bagi orang lain. Menurut dia, tidak semua orang mau begitu saja menyumbangkan darahnya karena sejumlah alasan.

“Hari ini bisa saja kita mendonorkan dan yang membutuhkan orang lain. Tapi mungkin besok bisa saja kita yang membutuhkan,” tuturnya.

Sementara itu, PMI menargetkan 15.000 kantong darah dalam acara donor darah TMP di sela even car free day (CFD) di 25 kota se-Indonesia. Acara itu juga menargetkan kalangan muda sebagai pendonor. (pri/*)

Foto-foto aksi donor darah TMP di Surabaya, klik: DI SINI