Rekapitulasi TKN dan BSPN, Jokowi-Ma’ruf Unggul

JAKARTA – Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto mengatakan, pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul berdasarkan rekapitulasi internal TKN. Rekapitulasi tersebut dilakukan TKN Jokowi-Ma’ruf dan Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDI Perjuangan.

“Dengan total data C1 yang masuk sebanyak 119.141, dan dengan basis itu, dibobot berdasarkan proporsi pemilihnya maka hasil akhirnya, Jokowi-Amin Ma’ruf 56,74 persen dan Prabowo – Sandi 43,26 persen,” kata Hasto melalui keterangan tertulis kepada media, Minggu (21/4/2019).

Dia menambahkan, gambaran perolehan suara baik melalui exit poll, hitung cepat, maupun real count secara konsisten menunjukkan hasil yang tidak jauh beda.

Sekjen PDI Perjuangan itu menyatakan, konsistensi berbagai metode hitung kian menegaskan bahwa hitung cepat menjadi instrumen kontrol perolehan hasil akhir. Namun, Hasto menyayangkan lantaran masih ada pihak yang meragukan hasil hitung cepat dan penyelenggara pemilu yang dituding berpihak.

“Namun saat ini masih ada upaya untuk melakukan delegitimasi terhadap penyelenggara pemilu,” lanjut Hasto.

Data penghitungan suara pilpres yang dimuat dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih terus bergerak. Data tersebut ditampilkan dalam portal pemilu2019.kpu.go.id.

Hingga Minggu (21/4/2019) pukul 07.02, data yang masuk mencapai 64.109 TPS dari total 813.350 TPS. Jika dipresentasekan, jumlah tersebut baru mencapai 7,88 persen.

Sementara itu, relawan pasangan Jokowi-Ma’ruf menggelar syukuran untuk kemenangan pasangan nomor urut 01 itu di berbagai hitung cepat lembaga survei. Syukuran digelar di Rumas Aspirasi Jokowi-Ma’ruf, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta, Minggu (21/4/2019).

Relawan Tim Bravo 5 yang tergabung dalam kelompok relawan Jokowi-Ma’ruf, Ruhut Sitompul menyatakan, syukuran merupakan bentuk kegembiraan para relawan atas keunggulan Jokowi-Ma’ruf dalam hitung cepat di berbagai lembaga survei.

“Jadi sebenarnya kami sudah menang, tapi di sinilah, kami bangga. Orang yang kami dukung Pak Jokowi orang yang sangat rendah hati, santun. Beliau tegas mengatakan, sabar. Kita masih menunggu real count tanggal 22 (Mei),” ujar Ruhut saat ditemui di Rumah Aspirasi.

Ruhut menambahkan, Jokowi minta para pendukungnya bersabar dan menunggu hasil penghitungan resmi. Namun, ia menilai imbauan Jokowi itu bukan berarti larangan bagi para relawan untuk bergembira merayakan kemenangan versi hitung cepat.

Karena itu, kata Ruhut, hari ini para relawan Jokowi-Ma’ruf merayakan kegembiraan dengan membuat syukuran yang diisi dengan doa dan acara bernyanyi bersama. (goek)