oleh

Rekap Kabupaten Tuntas, Karunia Situbondo Tumbangkan Petahana

-Berita Terkini, Pemilu-38 kali dibaca

SITUBONDO – KPU Situbondo menuntaskan rekapitulasi perolehan suara Pilkada Situbondo tingkat kabupaten, Rabu (16/12/2020). Hasilnya, pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung PDI Perjuangan, Karna Suswandi-Khoirani (Karunia) menang telak melawan paslon petahana.

Pasangan yang juga diusung PPP, Gerindra, dan Partai Demokrat ini unggul suara mencapai 5 persen lebih dari pasangan petahana Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi.

Dalam rekapitulasi tingkat kabupaten di Aula Hotel Sansui Situbondo ini, setiap petugas PPK 17 kecamatan se-Kabupaten Situbondo turut hadir.

Hasilnya, pasangan Karunia meraih 200.591 (53 persen) suara dan Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi (Mulya Abadi) meraup 178.032 (47 persen) suara.

“Selisih kemenangan pasangan calon 01 Karna Suswandi-Khoirani dari calon petahana, lebih kurang 6 persen atau 22.599 suara. Sedangkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Situbondo sebanyak 493.441 suara,” beber Ketua KPU Situbondo Marwoto.

Baca juga: Untari: Kini Saatnya Memenangkan Pilkada Situbondo

KPU setempat juga mencatat angka partisipasi pemilih Situbondo pada pilkada 9 desember 2020 mencapai 77,21 persen. Angka partisipasi atau pemilih hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) ini melebihi target pemilih nasional sebesar 77,5 persen.

Terkait kemenangan pasangan Karunia yang sudah terlihat lewat quick count beberapa jam setelah proses penghitungan di TPS 9 Desember lalu, Kepala Badan Pemenangan (BP) Pemilu DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Deni Wicaksono mengatakan, pilkada kali ini sebagai bukti konsistensi PDI Perjuangan dalam memadukan nasionalis dan religius.

Terbukti perpaduan PDI Perjuangan (Nasionalis) dengan calon yang berlatar belakang NU (Religius) berhasil menang di pilkada.

“Seperti di Situbondo. Dengan perpaduan calon dari PDI Perjuangan dan kalangan Nahdliyin, kita bisa menang. Padahal PDI Perjuangan belum pernah menang di Situbondo,” kata Deni beberapa waktu lalu.

Deni meyakinkan kolaborasi nasionalis religius yang dilakukan Partainya ini akan membawa kemanfaatan yang lebih lagi untuk masyarakat lima tahun mendatang.

“Terima kasih para ulama, kiai, pimpinan pompes yang ada, serta para bu nyai, Ansor, Fatayat dan Muslimat NU yang telah memberikan rekomendasi kader kader terbaiknya, bersama dengan PDI Perjuangan, sehingga bisa memenangkan Pilkada serentak 9 Desember di Jatim,” ucapnya. (goek)

rekening gotong royong