Regenerasi Sudah Disiapkan Secara Sistematis

Rieke Dyah Pitaloka 050414JAKARTA – Politisi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka menegaskan, regenerasi di PDI Perjuangan tidak lahir dengan tiba-tiba. Rieke mengatakan, regenerasi di PDI Perjuangan sudah disiapkan secara sistematis.

Menurut Rieke, regenerasi kader partai bukan soal usia, melainkan kesiapan menjalankan tugas ideologi partai. Di PDI Perjuangan, jelas anggota DPR RI tersebut, sistem regenerasi sudah disiapkan dengan membangun sekolah partai dan kaderisasi yang berkelanjutan.

Sebab, lanjut dia, bagi kader PDI Perjuangan, regenerasi bukan soal pengalihan kekuasaan dari satu generasi ke generasi berikutnya. “Ibu Megawati tidak pernah meninggalkan kadernya, meski dalam keadaan kalah atau terpuruk. Itulah regenerasi yang terjadi di PDI Perjuangan,” kata Rieke kepada wartawan, Rabu (11/2/2015).

Dalam proses regenerasi, tambahnya, PDI Perjuangan menyiapkan kader yang akan ditugaskan di legislatif, maupun eksekutif, dan pada jenjang kepengurusan partai. Kader-kader muda, sebutnya, didorong untuk menempati posisi-posisi politik di internal maupun merekomendasikan untuk jenjang eksekutif.

Hal ini, imbuhnya, sudah terbukti dalam rekomendasi Megawati yang menugaskan Joko Widodo maju dalam pemilihan presiden dan Ganjar Pranowo yang maju jadi Gubernur Jawa Tengah. “Bahkan saya sendiri termasuk yang diperintahkan partai maju pada ajang pemilihan Gubernur Jawa Barat,” ujarnya. (pri/*)