Re-organisasi 665 PAC se-Jatim Awali Konsolidasi

pdip jatim - tes tulis bacalon Ketua PACSURABAYA – Gerbong pergantian pengurus PDI Perjuangan di tingkat Pengurus Anak Cabang (kecamatan), Dewan Pimpinan Cabang (kota/kabupaten) dan Dewan Pimpinan Daerah (provinsi) di Jawa Timur bergerak.

Re-organisasi pengurus PDI Perjuangan ini sudah dimulai dengan tahapan tes tertulis untuk mencari 665 Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) se-Jatim. Pada Jumat (19/12/2014) kemarin, tes tulis untuk para bakal calon Ketua PAC ini digelar di Kabupaten Sampang dan Pamekasan, serta di Kota Blitar dan Kota Mojokerto.

“Tes tertulis, hingga penetapan Ketua PAC terpilih di forum musyawarah anak cabang (musancab) nanti akan tuntas paling lambat pertengahan Januari 2015,” kata Wakil Ketua Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Kaderisasi DPD PDI Perjuangan Jatim Bambang Juwono, Minggu (21/12/2014).

Menurut Bambang, tes tulis diikuti kader partai yang namanya diusulkan peserta rapat kerja di tingkat anak ranting, ranting, dan PAC. Untuk tiap PAC bisa diusulkan minimal tiga nama bakal calon ketua. Setelah memenuhi syarat administratif, para kandidat mengikuti tes tulis yang dipimpin tim dari DPD Jatim.

Baca: Kandidat Ketua PAC se-Jatim Mulai di-Tes

Setelah tahapan itu, DPD PDI Perjuangan Jatim akan menyaring jadi tiga calon ketua untuk masing-masing PAC. Untuk merekomendasi tiga nama calon Ketua PAC itu, tes tulis hanya salah satu instrumen penyaringan.

“Masih ada instrumen lainnya, seperti sejauh mana kerja politik si bakal calon. Misalnya saat pemilu legislatif dan pilpres di wilayahnya seperti apa, menang atau kalah,” jelas anggota DPRD Jawa Timur itu.

Tiga nama calon Ketua PAC yang lolos penyaringan di DPD Jatim, tambah dia, baru akan diketahui saat pelaksanaan musancab. “Kami akan mengirim 3 nama yang direkomendasi dalam amplop tertutup, dan baru boleh dibuka saat musancab. Di forum itulah, Ketua PAC akan dipilih peserta musancab dengan cara musyawarah-mufakat. Sesuai SK DPP, tidak boleh ada voting,” tegasnya.

Konsolidasi organisasi di tingkat kecamatan ini, imbuhnya, akan diikuti pergantian Ketua DPC PDI Perjuangan di 38 kabupaten/kota, dan Ketua DPD Provinsi Jatim. Pergantian pengurus DPC dijadwalkan selesai Februari, dan DPD Jatim dijadwalkan pada Maret 2015. Sedang Kongres PDI Perjuangan sebagai puncaknya akan digelar April 2015. (pri)