Rasakan Keberhasilan Jokowi, Bara Baja Deklarasikan Dukungan

JAKARTA – Barisan Relawan Bhinneka Jaya atau Bara Baja mendeklarasikan dukungan untuk pasangan capres-cawapres Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, di Rumah Aspirasi, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (16/9/2018).

Deklarasi Bara Baja dihadiri sekitar 900 relawan dan pengurus Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, seperti Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Wasekjen PKB Maman Imanulhaq

Sekjen Bara Baja, Sri Venska mengatakan, pihaknya mendukung Jokowi-Ma’ruf karena menilai Jokowi dalam periode pertama kepemimpinannya berhasil membangun Indonesia. Banyak masyarakat di seluruh pelosok negeri merasakan dampak pembangunan yang dilakukan Jokowi.

Dia mengatakan ratusan relawan yang hadir merupakan masyarakat akar rumput yang telah merasakan langsung dampak kebijakan Jokowi dalam empat tahun terakhir.

“Masyarakat akar rumput yang sangat merasakan dampak kebijakan Jokowi. Hari ini sedang menikmati tahap demi tahap pembangunan Jokowi-JK,” kata Venska.

Pihaknya juga menilai Jokowi berhasil membangun harmoni kebangsaan di tengah berbagai perbedaan.

“Pemerintahan Jokowi-JK jadikan perbedaan jadi harmoni yang indah. Kami lihat pemerintahan berjalan berdasar Pancasila dan banyak keberhasilan yang ditorehkan,” ujarnya.

“Kami siap berjuang memenangkan Jokowi-Ma’ruf dengan sehormat-hormatnya,” tambah Venska.

Sementara itu Ketua Umum Bara Baja, Suryanto Rusli mengatakan Jokowi merupakan sosok pemersatu bangsa. Pihaknya berharap duet Jokowi-Ma’ruf bisa menjaga NKRI dan keutuhan bangsa.

Suryanto juga memerintahkan pengurus Bara Baja di daerah untuk melakukan deklarasi. Dia juga minta pengurus Bara Baja di daerah turun ke lapangan dan membuka posko.

Hasto Kristiyanto mengatakan, pasangan Jokowi dan Ma’ruf membuka ruang ekspresi bagi seluruh masyarakat untuk menyatakan dukungannya. Dukungan Bara Baja, sebutnya, merupakan cermin masyarakat yang merespon positif bagi kepemimpinan Jokowi dan Kyai Ma’ruf.

Hasto juga mengatakan dukungan tersebut menunjukkan deklarasi secara damai. Dia mengatakan rakyat adalah sumber inspirasi bagi Jokowi untuk bekerja selama ini.

“Ini lebih untuk menekankan kepada seluruh relawan untuk menampilkan Pak Jokowi yang merakyat, menampilkan bahwa rakyat adalah sumber inspirasi kita untuk berkampanye yang baik, agar turun ke bawah, melakukan pendekatan yang positif. Kita tak punya DNA untuk berkampanye secara negatif, nggak punya tradisi menyakiti rakyat,” ucap Hasto.

Dalam setiap deklarasinya, Hasto menjamin tidak ada ajakan provokasi untuk mendukung Jokowi. Dia mendapat pesan dari Ma’ruf Amin untuk selalu menyampaikan hal-hal yang positif.

“Oleh kiai Ma’ruf kita dipesankan bahkan dilarang membicarakan kejelekan pasangan yang lain. Kami lebih baik membicarakan hal yang positif. Karena itulah peradaban Indonesia yang kita bangun,” tuturnya.

Tak hanya Bara Baja, elemen masyarakat yang menyatakan dukungan kepada pasangan petahana juga disampaikan Relawan Profesional Indonesia Muda Milenia (Prima).

“Kami bukan mesin politik pendulang suara. Kami ingin kerja nyata,” ucap Ketua Prima, Erlinda dalam deklarasi Prima di Rumah Relawan Bumi Bangsa, Jalan Veteran, Jakarta Pusat yang dihadiri Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Maman Imanulhaq.

Perempuan yang aktif di dunia perlindungan anak ini menyebut relawan Prima banyak yang masih muda. (goek)