Ranting se-Prambon Adakan Arisan Perjuangan


ilustrasi arisanSIDOARJO
– Banyak cara dilakukan untuk menjaga soliditas dan kekompokan antara anggota dan kader Partai di lintas desa. Salah satunya dengan mengadakan arisan rutin seperti dilakukan para pengurus Ranting se-Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo.

Menurut Wakil Sekretaris PAC Prambon, Kariyono, arisan rutin 20 Ranting se-Prambon tercetus saat acara silaturahmi antara pengurus PAC Prambon yang baru, periode 2015-2020, dengan pengurus Ranting. Silaturahmi digelar di rumah Ketua PAC Prambon, Suyarno, pertengahan bulan Mei ini.

“Dari situ ide arisan Ranting bermula,” kata Karyono kepada Buletin BUNG (media internal terbitan DPC PDI Perjuangan Sidoarjo), Jumat (29/5/2015).

Karyono menambahkan, para pengurus Ranting bersepakat arisan digelar selama satu periode masa kepengurusan yakni 5 tahun atau setara 60 bulan. Dengan jumlah Ranting di Prambon sebanyak 20 kepengurusan, maka, jika dibagi habis didapatkan angka 3 bulan.

“Tapi teman-teman Ranting bersepakat arisan diadakan selama dua bulan sekali. Kalau tiga bulan terlalu lama,” katanya.

Bentuk arisan itu sendiri jangan pernah dibayangkan layaknya arisan para sosialita yang penuh hura-hura. Arisan ini mengandung nilai-nilai perjuangan dan gotong-royong.

Kata Ketua PAC Prambon Suyarno, anggota arisan adalah atas nama kepengurusan Ranting dan bukan orang per orang pengurus atau anggota ranting. Per sekali kopyokan ketemu satu juta rupiah dari hasil iuran Rp 50.000 per anggota arisan.

“Semangatnya adalah silaturahminya itu, bukan nominalnya. Teman-teman yakin ini adalah salah satu cara untuk menjaga kekompakan antar kader dan anggota lintas desa di Kecamatan Prambon. Ada kesepakatan juga, Ranting yang menjadi tuan rumah arisan dilarang bermewah-mewah dalam menyuguhkan hidangan. Hasil arisan lebih baik digunakan untuk berjalannya roda organisasi di tingkat Ranting,” kata Karyono.

Sementara itu, anggota yang ‘beruntung’ mendapat kopyokan pertama arisan ini adalah Ranting Desa Kedungsuko. Arisan perdana digelar pada 31 Mei. (her)