Ramida Ketua Baru Pospertki Saudi Arabia

pdip jatim - musyawarah pospertkiJEDDAH – Ramida Muhammad terpilih sebagai Ketua Posko Perjuangan Tenaga Kerja Indonesia (Pospertki) Saudi Arabia periode kedua masa bakti 2014 – 2015. Ramida berhasil mengungguli calon lainnya, Ubaidillah Tabroni pada Musyawarah ke I Pospertki di Jeddah, Jumat (17/10/2014).

Ramida Muhammad memperoleh 17 suara sedangkan Ubaidillah Tabroni memperoleh 5 suara. Setelah pimpinan sidang pemilihan ketua yang dipimpin Suwito Adhi bersama Oktavian Hardianto dan Hasani Marsup menetapkan hasil suara terbanyak sebagai Ketua terpilih, para peserta musyawarah beranjak dari tempatnya beramai – ramai untuk mengucapkan selamat kepada Ramida Muhammad.

Sejak dideklarasikan pada 25 September 2009, untuk pertama kalinya Pospertki Saudi Arabia menyelenggarakan Musyawarah ke I. Musyawarah organisasi relawan di bawah Perwalu PDI Perjuangan Arab Saudia itu diselenggarakan selama 3 hari, yakni 16 – 17 Oktober 2014 dengan agenda pembukaan, rapat sidang – sidang, dan Pemilihan Ketua. Di hari ketiga 24 Oktober 2014 depan beragendakan pelantikan pengurus dan penutupan.

Suasana Musyawarah ke I Pospertki sempat berjalan alot. Hal itu dapat terlihat saat dalam rapat sidang anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang dipimpin Ubaidillah Tabroni, Suwito Adhy, Oktavian Hardianto, Hasani Marsup. Dari 50 pasal dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Pospertki periode pertama, terdapat 14 pasal yang disempurnakan.

Setelah ditetapkan sebagai ketua terpilih untuk menggantikan Zainal Arifin selaku Ketua Pospertki periode pertama, Ramida Muhammad menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT dan ucapan terima kasih kepada para peserta musyawarah yang telah memberikan kepercayaan kepadanya.

Sebagai Ketua terpilih, Ramida Muhammad diberi waktu selama satu minggu untuk menyusun susunan kepengurusan Pospertki masa bakti 2014 – 2016 yang akan diumumkan dalam acara pelantikan nantinya. Ramida beserta jajaran kepengurusan Pospertki Saudi Arabia akan dilantik Ketua Perwalu PDI Perjuangan Saudi Arabia Sharief Rachmat.

Pelantikan akan dilaksanakan pada Jumat (24/10/2014) depan di salah satu gedung convention di kota Jeddah. Acara tersebut sekaligus menutup Musyawarah ke I Pospertki Saudi Arabia yang akan ditutup Sharief Rachmad selaku Ketua PDI Perjuangan Saudi Arabia.

“Selain para peserta musyawarah dan anggota Pospertki, acara tersebut juga akan dihadiri para pengurus PDI Perjuangan Saudi Arabia dan para undangan,” ujar Suwito Adhi, panitia musyawarah.

Pospertki Saudi Arabia adalah organisasi sukarelawan TKI yang dibentuk dan dideklarasikan PDI Perjuangan sebagai sayap organisasi yang seasas dan seaspirasi untuk memperjuangkan hak dan keadilan TKI. Dalam Musyawarah hari pertama dan kedua (16 – 17 Oktober 2014), dihadiri 25 peserta di antaranya 22 perwakilan dari beberapa kota di Saudi Arabia yang memiliki hak suara dan 3 utusan dari Perwalu PDI Perjuangan Saudi Arabia sebagai undangan sekaligus peninjau. (pri)