Ramaikan Debat Kedua Pilpres, Pendukung 01 Gelar Panggung Budaya

JAKARTA – Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Capres-cawapres Joko Widodo- Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya akan menggelar panggung terbuka bagi para pendukung yang ingin menyaksikan debat kedua Pilpres 2019.

Pagelaran bertajuk ‘Derap Budaya Energi Nusantara’ ini akan dilaksanakan di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

“Mengingat bahwa kebaikan Pak Jokowi adalah kepemimpinan yang membawa kegembiraan dan membawa kebahagiaan bagi rakyat, maka nanti kami mengadakan panggung terbuka sesuai dengan tempat yang disiapkan KPU,” ujar Hasto, saat di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019).

Dia menyebutkan, pagelaran budaya ini diinisiasi oleh para pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 dari berbagai kalangan. Seperti alumni SMA, alumni perguruan tinggi, relawan dan tokoh partai politik.

Para seniman pun akan meramaikan acara tersebut dengan menampilkan kesenian budaya dari berbagai daerah. Kesenian daerah yang akan ditampilkan antara lain Reog Mataraman dari Jawa Timur, Sisingaan dari Jawa Barat, dan angklung interaktif.

Ada pula kesenian dari luar Pulau Jawa, yakni Kolintang Sulawesi Utara, barongsai, Tari Zapin dari Riau, dan Tari Karo dari Sumatera Utara. Selain pagelaran kesenian, acara derap budaya akan diramaikan oleh komunitas pengendara vespa dan gerobak kuliner tradisional.

“Ini merupakan sumbangan dari berbagai elemen pendukung Pak Jokowi yang sudah memberikan deklarasi dukungan termasuk alumni SMA, alumni perguruan tinggi, relawan, partai politik, para tokoh semua nanti menyatu,” kata Hasto.

“Inilah the power of gotong royong itu sendiri,” lanjut Sekjen PDI Perjuangan itu.

Debat kedua pilpres pada Minggu malam mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Dalam debat kali ini hanya calon presiden yang akan beradu argumen, program, dan gagasan.

Debat diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta dan disiarkan oleh empat stasiun televisi, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV. Debat akan dimoderatori oleh dua pembaca berita iNews TV, yakni Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Sementara itu, Jokowi menyatakan kesiapannya menghadapi debat kedua Pilpres 2019. Sebagai petahana, Jokowi bakal memaparkan capaian pemerintah dalam lima sektor yang menjadi tema debat, yakni energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur. 

“(Tema debat) besok infrastruktur. Kami sampaikan apa yang sudah dikerjakan. Juga masalah energi akan saya sampaikan yang kami lakukan,” kata Jokowi di Istana Merdeka, kemarin. Capres petahana ini pun sudah menyiapkan data-data yang akan digunakan sebagai amunisi dalam debat kedua. “Pangan, data-data yang kami punyai akan disampaikan,” ujarnya. (goek)