Ramadan Saat Pandemi, Jokowi: Puasa, Ibadah Pribadi Tanpa Perlu Saksi

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengatakan, suasana baru dalam bulan Ramadan akan tiba. Jokowi menyatakan, di tengah situasi pandemi virus Corona (Covid-19) seperti saat ini, tidak ada kesemarakan di jalan-jalan seperti suasana Ramadan sebelumnya.

“Suasana baru akan kita rasakan, meresapi makna sejati ibadah puasa yang kita jalankan. Puasa, ibadah pribadi tanpa perlu saksi,” kata Jokowi di Jakarta, Kamis (23/4/2020) malam.

Baca: Bulan Puasa, Whisnu: Momentum Introspeksi Diri

Ibadah puasa dalam Ramadan, kata Jokowi, bisa membuat masyarakat memperkuat diri, dan menjaga semua orang tersayang di tengah situasi pandemi Covid-19. Dia mengajak masyarakat tetap berdisplin untuk memutus rantai penularan virus Corona di bulan puasa.

“Saatnya kita berdisiplin diri. Mari kita sambut Ramadan yang barokah sebagai momen untuk memutus rantai penularan wabah Corona demi keselamatan diri, sanak saudara dan seluruh bangsa,” ujarnya.

Baca juga: Ramadan 1441 H, Awi Yakin jadi Momentum Lewati Pandemi Covid-19

Jokowi pun mengajak masyarakat menyambut Ramadan 1441 Hijriyah dengan penuh rasa syukur, meski bangsa dan negara sedang menghadapi tantangan yang tak ringan.

“Marhaban ya Ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga Allah meridhai langkah kita, memberi kekuatan dalam menghadapi cobaan, dan memberkahi bangsa Indonesia,” ucapnya. (goek)