oleh

Ramadan 1441 H, Awi Yakin jadi Momentum Lewati Pandemi Covid-19

SURABAYA – Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengharapkan ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1441 H bisa memperkuat kepedulian kepada sesama dan gotong royong masyarakat dalam menghadapi masa-masa sulit pandemi virus Corona (Covid-19).

“Marhaban Ya Ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa untuk semua warga muslim, khususnya warga Kota Surabaya. Mari kita perkuat gotong royong, menghadapi pandemi Covid-19,” ucap Adi Sutarwijono, Kamis (23/4/2020).

Wakil rakyat yang kerap disapa Awi ini mengatakan, momentum bulan suci Ramadan kali ini datang ketika bangsa Indonesia sedang berjuang melewati pagebluk Covid-19. Menurutnya, spirit Ramadan yang dipenuhi dengan refleksi diri dan bela rasa kepada sesama mesti digelorakan di masa sulit saat ini.

“Kami yakin Ramadan bakal menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk bisa melewati situasi tak mudah saat ini. Semua umat muslim bakal berpuasa, berefleksi, memperkuat bela rasa kepada sesama. Dengan semua itu, kita yakin bisa melewati situasi pelik saat ini,” ujarnya.

Dia menyadari bakal banyak perubahan suasana selama bulan suci Ramadan dalam situasi pandemi saat ini. Meski demikian, itu tidak akan menyurutkan etos keagamaan di jiwa seluruh warga muslim di Surabaya.

“Justru pandemi ini saya yakin akan semakin membawa kita semua lebih dekat kepada Tuhan Yang Maha Esa, sembari terus berikhtiar sesuai bidang atau profesi masing-masing untuk membantu sesama,” tutur pria yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya ini.

Awi menambahkan, para tenaga kesehatan bergerak membantu pasien dan masyarakat agar terhindar dari penyakit, para pengambil kebijakan melahirkan kebijakan terbaik untuk masyarakat, demikian pula dunia usaha, komunitas, dan semua kelompok warga.

“Semua bergerak dengan dituntun etos keagamaan yang terkandung kuat di bulan suci Ramadan untuk berbuat yang terbaik bagi keluarga, masyarakat, dan bangsa kita,” katanya.

Dia pun mengajak seluruh warga untuk mengikuti anjuran pemerintah agar tidak mudik. “Itu semua akan membawa manfaat bagi keluarga di kampung dan masyarakat secara umum,” jelas Awi.

Mantan wartawan ini menambahkan saat bulan suci Ramadan, DPRD Kota Surabaya akan terus bekerja dengan protokol kesehatan seperti rapat-rapat virtual dan tetap menjaga jarak ketika koordinasi fisik dilakukan.

Selain itu, lanjut dia, DPRD mendukung Pemkot Surabaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Pahlawan. Pada sisi lain, membantu terpenuhinya kebutuhan dasar warga kurang mampu atau warga prasejahtera.

“DPRD Kota Surabaya juga mengawal upaya Pemkot Surabaya membantu seluruh rumah sakit untuk menangani pasien. Pada sisi lain, masyarakat berpenghasilan rendah menjadi prioritas untuk dibantu di masa sulit ini,” pungkasnya. (goek)

rekening gotong royong