Rakornas 3 Pilar PDIP Momentum Bangkitkan Kembali Ekonomi Kerakyatan

JAKARTA – PDI Perjuangan akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 3 Pilar Bidang Ekonomi Kerakyatan pada 16-17 Desember 2017.

Rakornas di Indonesia Convention Exhibiton (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten ini akan dibuka Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sesuai tema ‘Berdikari untuk Indonesia Raya, kita ingin rakornas kali ini jadi momentum untuk membangkitkan kembali ekonomi kerakyatan,” kata Ketua Panitia, Mindo Sianipar, dalam jumpa pers di kantor DPP PDI Perjuangan, Kamis (14/12/2017).

Rakornas akan dihadiri tiga pilar partai, yakni eksekutif, legislatif dan struktur PDI Perjuangan di seluruh Indonesia. Diperkirakan sekitar 10 ribu kader PDIP akan hadir di event besar partai ini.

“Saya kira ini merupakan rapat besar partai pertama di Indonesia yang secara khusus membicarakan bagaimana memajukan ekonomi kerakyatan dan tidak berbicara sama sekali tentang kekuasaan,” jelas Mindo.

Pria yang juga Ketua DPP PDIP ini mengatakan, dalam pembukaan rakornas nanti, Megawati dan Jokowi akan memberikan pidato untuk menggelorakan kembali semangat ekonomi kerakyatan.

Sebab, tambah dia, ekonomi kerakyatanlah yang bisa mewujudkan cita-cita Trisakti Bung Karno.

“Trisakti Bung Karno mengatakan untuk berdikari secara ekonomi. Hal itu hanya mungkin dilakukan melalui ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Anggota DPR RI dari dapil 8 Jawa Timur ini menambahkan, rakornas ini bukanlah sekadar seremoni belaka. Tapi menunjukkan bukti konkret kinerja partai dalam membina sejumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berdikari, yakni berasal dari kreativitas sendiri dan sumber dayanya mayoritas berasal dari dalam negeri.

“Kami akan memamerkan ratusan UMKM hasil binaan partai yang kini sudah berdikari dalam menjalankan usahanya, berikut dengan produk-produk kreatif yang mereka hasilkan,” ungkap Mindo.

Workshop

Selain pameran, Rakornas juga akan menggelar worskhop untuk memberi pengayaan kepada para kader partai untuk terus menghidupkan semangat ekonomi kerakyatan.

Sembilan tema workshop yang akan digelar yakni, Akses permodalan, Promosi dan pemasaran UMKM, Pengurusan IUMK dan Hak Merek, Pengembangan Komunitas UMKM, Fungsi dan Peran Lembaga Keuangan Mikro, e-marketing dan networking UMKM, Inkubator Bisnis, Penjaminan dan Asuransi Usaha, dan Peran BUMDes dalam Mendorong UMKM

Workshop akan menghadirkan kader-kader partai yang memang ahli di bidang masing-masing sebagai pembicara.

“Workshop akan menghasilkan 1.000 model bisnis UMKM yang akan menjadi acuan para kader untuk menggelorakan ekonomi kerakyatan di daerah masing-masing. Sekaligus menjadi tawaran kepada kepala desa untuk memanfaatkan dana desa agar lebih produktif,” ujar Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan, Eriko Sotarduga.

Rakornas juga akan menjadi ajang kerjasama antarpilar partai dalam memajukan ekonomi kerakyatan di wilayah masing-masing. Hal ini akan ditandai dengan penandatangan sejumlah nota kesepahaman (MoU) antarkepala daerah yang merupakan kader PDI Perjuangan. (goek)