Rakor Perdana, PDIP-PKB Jatim Siapkan Strategi Pemenangan

SURABAYA – Jajaran pengurus PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Timur melakukan rapat koordinasi di kantor DPW PKB di Jalan Ketintang Madya, Surabaya, Sabtu (4/11/2017).

Rapat koordinasi perdana untuk membahas strategi pemenangan Pilgub Jatim 2018 tersebut dihadiri bakal calon gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi menegaskan, PDI Perjuangan dan PKB bertekad memenangkan pasangan bakal cagub-cawagub Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas.

“Kami harus menang. Bagaimanapun caranya untuk bisa menang Pilgub Jatim,” kata Kusnadi, usai rapat koordinasi.

Tim pemenangan, terang Kusnadi, nantinya tidak diberi target berapa persen suara untuk cagub-cawagub Gus Ipul-Anas. “Targetnya ya harus menang. Nggak ada sekian persen, pokoknya menang,” tambah dia.

Pada kesempatan itu Kusnadi juga memastikan, dirinya dan Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar selaku ketua partai tidak akan masuk dalam tim pemenangan dalam Pilgub Jatim 2018 agar bisa bergerak leluasa.

Dia berpendapat, tidak pantas ketua partai masuk dalam struktur tim pemenangan cagub-cawagub di Pemilihan Gubernur Jatim 2018 mendatang. Tapi, tanggung jawab untuk memenangkan itu ada pada ketua Partai.

“Secara organisatoris merupakan tanggung jawab kami sebagai ketua-ketua di partai masing-masing,” terang Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim yang akrab disapa Pak Kus ini.

Untuk posisi ketua tim pemenangan Gus Ipul-Azwar Anas, menurut Kusnadi, diserahkan ke PKB. Sedang PDI Perjuangan akan menempati pos sekretaris.”Kami berikan penghargaan kepada PKB sebagai pemilik kursi terbanyak,” tuturnya.

Kusnadi juga minta ketua cabang di kabupaten dan kota, untuk tidak masuk tim sukses pemenangan Gus Ipul-Anas. “Kami sepakati bahwa ketua cabang pun kita harapkan untuk tidak menjadi ketua tim atau tim di kabupaten-kota,” ujar Kusnadi.

Sementara itu, Ketua PKB Jatim Abdul Halim Iskandar mengatakan, rapat koordinasi kali ini untuk menyamakan persepsi dan visi-misi kedua partai memenangkan pilgub Jawa Timur.

“Ini rapat koordinasi pertama pasca-PKB dan PDIP resmi mengusung Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas,” terang Gus Halim, sapaannya.

Menurutnya, dalam pertemuan tersebut dibahas strategi pemenangan Gus Ipul-Azwar Azwar Anas. Kedua partai sepakat calon yang mereka usung harus menang, dan tidak ada strategi alternatif.

“Artinya, tidak ada omongan strategi bagaimana kalau kalah,” katanya.

Dia menambahkan, setelah rapat koordinasi ini, secepatnya ada pertemuan lanjutan di kantor DPD PDI Perjuangan Jatim. Pertemuan itu akan menentukan langkah konkret, yakni merumuskan tim pemenangan yang akan didaftarkan ke KPU Jawa Timur. (goek)