Rakernas Semarang Tentukan Arah Perjuangan Partai Pasca Pemilu

2102SIDOARJO – Ketua DPP PDI Perjuangan Effendi Simbolon mengajak kader PDI Perjuangan, khususnya yang terpilih sebagai anggota dewan, agar mengikuti dan mencermati pidato politik Megawati Soekarnoputri saat membuka rapat kerja nasional (Rakernas) di Semarang, Jumat (19/9/2014) depan.

Dalam pidatonya nanti, ungkap Effendi, Megawati sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan akan menyampaikan arah perjuangan partai pasca kemenangan pemilu legislatif dan pemilu presiden 2014. “Kader di legislatif harus mencermati dan bisa mencerna dengan hati jernih sebagai pijakan tugas di dewan untuk kesejahteraan rakyat,” kata Effendi Simbolon, di depan anggota DPRD terpilih se-Jawa Timur, di Sidoarjo, Selasa (16/9/2014).

Menurut Effendi, arah perjuangan partai akan beda dengan 10 tahun belakangan, di mana PDI Perjuangan berada di luar pemerintahan. Setelah memenangkan pileg dan pilpres, lanjutnya, PDI Perjuangan akan memosisikan diri sebagai partai pemerintah. Sebab presiden dan wapres terpilih, Joko Widodo-Jusuf Kalla, diusung PDI Perjuangan dan empat parpol lainnya.

Oleh karena itu, tambahnya, tentu ada perubahan mindset dari partai di luar pemerintahan, menjadi partai pemerintah. Sebagai partai pemerintah, jelas dia, PDI Perjuangan akan mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintahan Jokowi-JK.

Terutama oleh anggota DPR RI, dan seluruh anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Provinsi dan kabupaten-kota se-Indonesia. Juga oleh seluruh kepala daerah di semua tingkatan untuk selalu mengambil kebijakan yang lebih berpihak kepada kepentingan rakyat kecil.

Rakernas bakal digelar di Marina Convention Center Semarang, Jawa Tengah, 19-21 September 2014. Acara ini akan diikuti peserta dari 34 DPD PDI Perjuangan provinsi, yang terdiri ketua, sekretaris, dan bendahara. Juga diikuti Ketua dan Sekretaris DPC seluruh kabupaten/kota, pimpinan dewan, dan kepala daerah dari PDI Perjuangan.

Presiden dan Wapres terpilih Jokowi – JK direncanakan hadir dalam rakernas yang akan dibuka Megawati Soekarnoputri sekitar pukul 14.00 WIB. (pri)