Rakerda untuk Tuntaskan Revolusi yang Belum Selesai

pdip-jatim-basarah-rakerda-jatim-2016SIDOARJO – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Diperluas DPD PDI Perjuangan Jatim sebagai kelanjutan dari rapat kerja nasional 1. Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Achmad Basarah menyebut, rakernas dan rakerda sebagai salah satu jalan untuk menuntaskan revolusi yang belum selesai.

“Pesan moral dari Rakernas I yang diteruskan dengan rakerda kali ini adalah mengonstruksi sejarah untuk meneruskan kembali pembangunan nasional yang terhenti sejak digulingkannya Presiden Soekarno pada tahun 1967,” kata Basarah dalam paparannya di acara Rakerda Diperluas DPD PDI Perjuangan Jatim di Sidoarjo, Minggu (21/2/2016).

Rakerda Diperluas kali ini bertemakan Mewujudkan Trisakti melalui Pembangunan Nasional Semesta Berencana. Seperti dikatakan Basarah, pembangunan nasional semesta berencana nasional adalah istilah lain dari garis-garis besar haluan daripada nasional yang dicetuskan Bung Karno di awal pemerintahan RI pasca Proklamasi 1945. (Hasto: 2016, Tahun Pembumian Trisakti)

Lantaran itu, kata Basarah, pembangunan semesta berencana nasional mesti dijalankan oleh kader-kader Partai. Pembangunan juga harus dilakukan secara sinergi antara eksekutif, legislatif, dan struktural dari tingkat pusat hingga daerah.

“Ini hakikat dari Rakernas, termasuk rakerda kali ini yang bertujuan bagaimana kita bersama-sama sebagai partai pendukung pemerintah untuk saatnya mengurus negara,” tandas legislator DPR RI dari dapil 5 Jawa Timur itu.

Dalam hubungan pemerintah pusat dan daerah, Basarah menegaskan agar kepala daerah untuk segera menyesuaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan RPJM Nasional.

“Harus sinergi, saling terkait. Tidak berjalan sendiri-sendiri sehingga revolusi yang belum selesai bisa bersama-sama kita tuntaskan,” katanya. (Ini, Foto-foto Rakerda)

Rakerda diperluas diikuti kader-kader Partai baik yang bertugas di struktural, legislatif, maupun eksekutif mulai dari tingkat daerah, cabang, dan anak cabang. (hs)