Rabu Deklarasi Koalisi, Jumat Cawapres Diumumkan

basarah-jokowi-pkb-nasdemJAKARTA– Koalisi PDI Perjuangan, Partai Nasdem, dan PKB akan mendeklarasikan dukungan terhadap Joko Widodo sebagai calon presiden pada pemilu presiden, Rabu (14/5/2014). Sedang bakal calon wakil presiden pendamping Jokowi akan diumumkan pada Jumat (16/4/2014).

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan, selain deklarasi dukungan, ketiga partai tersebut juga akan membahas figur bakal cawapres. “Rabu besok akan memberikan deklarasi di kantor PDI Perjuangan,” kata Tjahjo di Kompleks Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (12/5/2014).

Menurut Tjahjo, PDI Perjuangan terus menjalin komunikasi dengan partai lain. Partai pemenang Pemilu Legislatif 2014 itu selalu membuka diri, termasuk terhadap Partai Demokrat.

Sementara, Wakil Sekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengungkapkan, Jokowi akan mengumumkan cawapresnya hari Jumat sebelum pendaftaran capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Kami akan mengumumkan cawapres Joko Widodo pada Jumat Suci, yaitu 16 Mei 2014,” ujar Ahmad Basarah.

Basarah menambahkan, hingga saat ini partai koalisi pendukung Jokowi masih mempertimbangkan cawapres yang tepat. Nantinya akan diadakan pertemuan antara Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Jokowi, beserta dua ketua umum partai yang telah berkoalisi, yakni Surya Paloh (Partai Nasdem) dan Muhaimin Iskandar (Partai Kebangkitan Bangsa).

“Nanti akan didiskusikan di sana siapa cawapresnya yang terbaik. Semua bisa mengusulkan, tapi keputusan tetap ada di tangan Bu Mega,” kata Basarah. (pri/*)