“Putra Putri ARB” Dukung Jokowi-JK

JKW-JK saat debat kandidatJAKARTA – Para duta pemuda dari kontes bentukan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie bernama “Putra-Putri ARB” mengaku kecewa atas kegagalan Aburizal menjadi calon presiden. Ketua Paguyuban Putra-Putri ARB 2014 Achmad Multazam Yamin mengatakan, apalagi Aburizal mengarahkan dukungannya kepada pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

“Pandangan dan arah politik yang berbeda inilah yang menjadi salah satu sebab kami berprinsip lain. Kami secara bersama-sama, sepakat akan mendukung pasangan nomor urut dua, yaitu Joko Widodo dan Jusuf Kalla,” ujar Achmad dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (1/7/2014).

Achmad mengatakan, selama masa karantina, peserta Putra-Putri ARB diberikan pendidikan politik oleh tim pakar Aburizal bernama Epicentrum Kebangsaan. Beberapa dari mereka, kata Achmad, bahkan sempat mendeklarasikan dukungannya kepada Aburizal untuk menjadi capres.

“Kami mempunyai hak politik dan kebebasan berpendapat serta memilih. Ini juga menjadi satu langkah untuk meluruskan dan mengubah pemikiran masyarakat bahwa kami bukan mainan politik’ atau ‘boneka politik’,” ujarnya.

Dalam rilisnya, Achmad menuturkan Putra-Putri ARB mendukung Jokowi-JK karena kekaguman atas pemikiran, gagasan, dan rekam jejak pasangan tersebut. Menurut Achmad, itulah yang membuat mereka yakin Jokowi-JK layak untuk dipilih.

Demi memenangkan Jokowi-JK, imbuh Achmad, Putra-Putri ARB melakukan beberapa bentuk kampanye kreatif. Misalnya, sebut Achmad, saat bulan Ramadhan mereka membuat beberapa acara, antara lain pembagian takjil, lomba orasi, foto “salam dua jari”, dan pembagian stiker serta spanduk bertanda Putra-Putri ARB dan Jokowi-JK.

“Menjadi Putra-Putri ARB tidak harus memilih Pak ARB dan tidak harus ikut arah politik Pak ARB. Namun menjadi Putra-Putri ARB harus bisa menjadi penggerak masyarakat, khususnya anak muda untuk berani memilih,” pungkas Achmad. (*)