Puti: Karakter Daerah Bisa Dilihat dari Pasarnya

TRENGGALEK – Cawagub Puti Guntur Soekarno mengatakan, karakter suatu daerah, bisa dilihat melalui kondisi pasarnya.

“Pasar tradisional itu menunjukkan karakter dari daerah itu sendiri. Dimana karakter masyarakatnya, gotong royongnya, keguyubannya, serta aktivitas ekonomi rakyat setempat, itu ada di sana,” kata Puti, kemarin.

Dalam kunjungannya ke Trenggalek pada Selasa (6/2/2018) kemarin, Puti menyempatkan diri melihat kondisi Pasar Pahing, Dermosari, Kecamatan Tugu, dan Pasar Kamulan di Kecamatan Durenan.

Dia berpendapat, pasar-pasar tradisional, seperti Pasar Dermosari, perlu direvitalisasi. Menurutnya, revitalisasi sangat penting, untuk menjadikan pasar ralyat sebagai pasar sehat.

Revitalisasi pasar meliputi pengelolaan lngkungan, sanitasi, limbah pasar, kebersihannya. Tujuannya, meski pasar tradisional, jika ditata melalui revitalisasi, akan membuat pengunjung merasa nyaman.

Sementara itu, saat di Pasar Kamulan, Durenan, Puti mendapat masukan soal kebersihan pasar. Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Kamulan Nachrowi mengatakan, masalah utama yang dikeluhkan para pedagang saat ini adalah masalah sampah.

“Kebutuhan paling utama di sini soal pengambilan dan pembuangan sampah. Sarananya belum ada,” kata Nachrowi.

Menurutnya, paguyuban sangat menginginkan memiliki alat angkut untuk membuang sampah, seperti motor roda tiga.

Sementara itu, saat datang di Pasar Kamulan, penghuni pasar menjadi heboh, perhatian pedagang dan warga tersedot ke arah Puti.

“Apa kabar ibu-ibu? Semoga dagangan laris,” sapa Puti sambil menyalami para pedagang dan warga di pasar, satu pesatu.

Dalam kunjungannya kali ini, Puti ditemani Ketua DPC PDI Perjuangan Trenggalek Doding Rahmadi dan anggota DPRD setempat, serta tim pemenangan pasangan cagub-cawagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Mbak Puti.

Mbak Puti di depan kelompok paguyuban pedagang pasar Kamulan, juga menyampaikan rencana pemerintahannya bersama Gus Ipul.

“Gus Ipul dan saya akan memperkuat dan melindungi pasar-pasar tradisional, bahkan hingga pasar desa. Tiap tahun ada target-targetnya, dan sudah di-plot anggarannya,” kata Puti.

Dalam visi-misi pasangan yang diusung PDI Perjuangan, PKB, PKS, serta Gerindra ini, imbuh Puti, salah satu poin yang ditetapkan adalah penguatan ekonomi rakyat melalui pemberdayaan pasar-pasar tradisional di Jawa Timur.

“Kami ingin ekonomi rakyat terus tumbuh. Kami berdua akan melindungi jika nanti diberi mandat rakyat untuk memimpin Jawa Timur,” ucapnya. (goek)