Puan Yakin Muhammadiyah Terus Konsisten Perjuangkan nilai-nilai Islam Berkemajuan

JAKARTA – Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan rasa bangganya terhadap organisasi Muhammadiyah yang pada Rabu (18/11/2020) ini tepat berusia 108 tahun. Menurut Puan, Muhammadiyah yang didirikan KH Ahmad Dahlan telah banyak berjasa bagi bangsa dan negara.

“Saya mengucapkan selamat milad ke-108 kepada segenap pimpinan dan anggota Muhammadiyah di mana pun berada,” kata Puan, Rabu (18/11/2020).

“Saya merasa bangga dan bahagia bisa menjadi bagian dari organisasi Islam yang telah banyak berjasa bagi kemerdekaan dan pembangunan bangsa Indonesia,” lanjut dia. 

Puan mengatakan, selain KH Ahmad Dahlan sebagai pendiri, kader-kader utama Muhammadiyah seperti Jenderal Soedirman dan Presiden pertama RI Soekarno, merupakan bukti sumbangsih Muhammadiyah terhadap bangsa.

Ketua DPP PDI Perjuangan ini pun meyakini bahwa Muhammadiyah akan terus konsisten memperjuangkan nilai-nilai Islam yang berkemajuan. “Insya Allah Muhammadiyah akan terus konsisten dalam memperjuangkan Islam yang berkemajuan demi kejayaan Indonesia,” ujarnya. 

Dalam memperingati milad atau hari ulang tahun ke-108, Muhammadiyah mengusung tema “Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri”. Tema itu diangkat untuk mempertegas gerak, sikap, dan kebijakan Muhammadiyah dalam menghadapi keragaman paham, pandangan, dan orientasi keagamaan yang tumbuh dan berkembang.

Pada Rabu, 18 November 2020, tepat 108 tahun Muhammadiyah. Muhammadiyah didirikan KH Ahmad Dahlan untuk menjawab tantangan zaman, serta menawarkan solusi bagi persoalan keumatan dan kebangsaan.

Keterbelakangan pendidikan pada masa penjajahan Belanda dijawab dengan mendirikan sekolah-sekolah Islam modern. Begitu pula kesulitan rakyat pribumi mengakses layanan kesehatan, dijawab dengan mendirikan Pertolongan Kesengsaraan Oemat (PKU), rintisan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah.

Sementara itu, persoalan kemiskinan rakyat dijawab dengan pendirian rumah miskin serta panti asuhan. Semangat Muhammadiyah untuk selalu hadir memberikan solusi bagi berbagai persoalan bangsa masih terjaga.

Komitmen itu pula yang kembali ditegaskan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam jumpa wartawan virtual menjelang Milad 108, Senin (16/11/2020). “Di tengah kehidupan seperti ini, Muhammadiyah ingin hadir sebagai pemberi solusi,” kata Haedar. (goek)