Puan: Saya Ingin Buktikan, Perempuan juga Bisa Berprestasi dalam Politik

JAKARTA – Puan Maharani mengatakan, salah satu motivasinya menjadi Ketua DPR adalah untuk menunjukkan bahwa perempuan juga bisa berprestasi dalam politik.

“Saya ingin membuktikan bahwa perempuan dalam berpolitik juga bisa berprestasi, bisa sejajar seimbang dengan laki-laki,” kata Puan di Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

Ketua DPP PDI Perjuangan ini berharap keterpilihannya sebagai Ketua DPR bisa memotivasi perempuan-perempuan lain untuk terjun ke gelanggang politik dan membawa angin segar ke dunia perpolitikan Indonesia.

Puan juga menyampaikan, menjadi wakil rakyat pasti selalu memiliki beban atau tanggung jawab. Yakni tanggung jawab untuk menyalurkan aspirasi rakyat yang mereka titipkan kepada wakil rakyat yang mereka pilih.

Putri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri ini mengatakan, sebagai perempuan pertama yang menjadi ketua DPR, dia hanya ingin bekerja sebaik mungkin membawa aspirasi rakyat.

Puan merupakan anggota legislatif dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah V yang meliputi Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali. Pada Pemilu 2019, Puan meraih 404.034 suara, terbanyak di tingkat nasional.

Sebelumnya, dia juga mengajak anggota DPR periode 2019-2024 untuk melakukan kewajiban mereka sebagai wakil rakyat tanpa memikirkan untung dan rugi. “Itu seperti yang saya sampaikan di pidato pertama saya sebagai ketua DPR,” kata Puan.

Sedari kecil dia sudah diajarkan oleh kedua orangtuanya, Taufik Kiemas dan Megawati Sukarnoputri, untuk mengerjakan tanggung jawab sebaik-baiknya.

Hal itu pula yang ingin dia tularkan kepada seluruh anggota DPR periode 2019-2024. Manfaat dari melaksanakan kewajiban tanpa memikirkan untung dan rugi mungkin tidak akan langsung bisa dirasakan, tetapi akan bermanfaat bagi generasi yang akan datang.

“Kalau bukan kita yang mendapatkan manfaatnya, maka anak-anak kita yang akan menerima. Kalau bukan anak-anak kita, maka cucu kita yang akan mendapatkan manfaatnya,” tuturnya.

Menurut Puan, karier politiknya dalam setiap periode mengemban tugas yang berbeda-beda. Pada periode 2009-2014, dia pernah mendapat tugas sebagai ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR.

Kemudian, pada periode 2014-2019, dia menjadi menteri koordinator di dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

“Sekarang saya di DPR menjadi ketua DPR,” kata Puan tentang posisinya memimpin lembaga tinggi negara, sama dengan lembaga kepresidenan. (goek)