Puan Sangat Pantas Jabat Ketua DPR, Ini Alasannya

JAKARTA – Nama politisi PDI Perjuangan Puan Maharani disebut berpeluang besar menjadi Ketua DPR periode 2019-2024. Berdasarkan pasal 472D ayat (1) Undang-undang Nomor 2 Tahun 2018, posisi Ketua DPR akan diduduki partai pemenang Pemilu 2019.

Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Eriko Sotarduga mengatakan nama yang cukup kuat di internal partai untuk menduduki jabatan ketua DPR adalah Puan Maharani.

“Memang di internal kami belum ada pembicaraan resmi mengenai ini karena kami masih fokus pada penghitungan. Tetapi jujur ada diskusi di internal kami bahwa ada 5 hal yang membuat kenapa (posisi ketua DPR) menguat kepada Mbak Puan Maharani,” kata Eriko, Selasa (14/5/2019).

Pihaknya tidak ingin mendahului keputusan resmi partai. Nama Puan sejauh ini menguat dalam pembicaraan informal internal partai. Ada lima hal yang membuat kader partai memercayai Puan.

Pertama, kata Eriko, Puan memiliki jam terbang tinggi dan pengalaman yang lengkap di dunia politik. Dia pernah menjadi ketua fraksi di lembaga DPR dan menjadi Ketua DPP PDI Perjuangan.

“Kedua itu di internal kami juga, kepemimpinan beliau waktu menjadi ketua fraksi itu banyak hal yang membuat kami menjadi merasa nyaman. Itu di internal kami ya,” kata dia.

Alasan ketiga, Eriko mengatakan hubungan Puan dengan partai lain cukup baik. Puan dinilai memiliki pola pendekatan yang efektif dengan partai-partai lain ketika menjadi ketua fraksi dulu.

Alasan keempat, Puan tidak hanya memiliki pengalaman di bidang legislatif melainkan juga eksekutif.

Eriko mengacu pada jabatan Puan saat ini sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Alasan yang terakhir, Puan memiliki hubungan yang baik dengan Presiden Jokowi.

Namun, Eriko menegaskan bahwa keputusan soal hal ini ada pada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Dia memperkirakan rapat mengenai hal ini baru bisa digelar sekitar Juli atau Agustus.

Terpisah, Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menilai aspirasi yang menyebutkan Puan berpeluang besar menjadi Ketua DPR sebagai aspirasi rasional.

“Dengan kriteria dan berbagai pertimbangan politik, prediksi yang menempatkan Puan Maharani sebagai calon terkuat Ketua DPR tentu saja sangat masuk akal,” kata Hendrawan kepada wartawan, Senin (13/5/2019).

Dia kemudian berbicara soal tiga kriteria Ketua DPR. Di antaranya memiliki kepemimpinan yang teruji dan relasi yang luas.

“Pertama, memiliki kepemimpinan yang telah teruji dan inklusif. Kedua, kompeten dan memahami seluk-beluk kedewanan. Ketiga, memiliki jaringan relasi yang luas,” sebutnya.

Menurut dia, ketiga kriteria itu ada pada sosok Puan. Namun, kata Hendrawan, keputusan itu dikembalikan kepada Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. (goek)